Karya Tipografi ala anak DKV
Selasa, 7 Juli 2015 | 12:58 WIB

_DSC0812Tipografi, adalah suatu seni atau teknik memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, guna kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Hal ini yang dilakukan oleh mahasiswa/mahasiswi Program Studi DKV Unika Soegijapranata angkatan ’14, dalam bentuk pameran yang akan digelar pada tanggal 8-9 Juli di gedung HC (Henricus Constant) lt. 4,  dengan mengusung tema “Tipografi Vernakular” yang artinya tulisan-tulisan yang berada di jalanan (misalnya : dalam tulisan yang berada di warteg, bengkel, grobak, truck dll). Karya tipografi tersebut di buat oleh masing-masing kelompok yang di bentuk oleh mahasiswa/mahasiswi DKV, yang selain mengadakan pameran, karya tipografi ini juga sebagai tugas UAS mata kuliah Tipografi Dua. 

_DSC0814Waktu yang dibutuhkan oleh para mahasiswa dalam membuat  karya tipografi ini rata-rata 2 hari.  “Tipografi ini mudah di buat, asalkan ada niat untuk berkarya” kata Gabriela Yatobie salah satu mahasiswi DKV yang ikut dalam pameran. Tim penilai dalam pameran ini nantinya adalah dosen pangampu mata kuliah Tipografi Dua yaitu bapak Adi Nugroho dan para asisten dosen  DKV. Disamping itu, alasan dipilihnya  Gedung HC lt 4 sebagai tempat penyelenggaraan pameran tersebut adalah untuk lebih menghidupkan suasana galeri HC sebagai ajang pameran dan tempat belajar mahasiswa DKV serta menampilkan hasil-hasil karya anak DKV supaya lebih dikenal oleh khalayak umum terutama akademisi.

Mahasiswa DKV ini luar bisa sekali, karena dibawah tekanan UAS (Ujian Akhir Semester) mereka tetap dapat berkarya, dan para mahasiswa tampak sangat antusias sekali dalam mengerjakan karyanya; ada yang bikin gerobak, warung pecel lele, badan truck dan masih banyak lagi hasil karya lain yang dipertontonkan dan layak di apresiasi. Harapan dari salah satu mahasiswa DKV adalah ingin sekali ada apresiasi atas hasil karya anak DKV tersebut supaya dapat dikenang dan menginspirasi, agar tidak sia-sia dalam meluangkan waktu dan biaya. Terima kasih buat teman teman angkatan ‘14 yang sangat luar biasa karya-karyanya, semoga acara dapat berjalan dengan sukses dan semakin maju. (adr)

Kategori: ,