Unika-IAPI Teken MOU
Rabu, 10 Juni 2015 | 13:34 WIB

clip_image001

SEMARANG (Krjogja .com)– Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang menandatangani naskah kerjasama (MOU) dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) di kampus Unika. Salah satu butir kesepakatannya menyangkut pendirian The Certification Center for Professional Accountant (CCPA), lembaga sertifikasi yang dibentuk di bawah Program Studi Akuntansi Unika Soegijapranata bekerjasama dengan IAPI tersebut.

Humas Unika Soegijapranata Agus Yuwono kepada pers menyatakan, dengan adanya CCPA maka calon akuntan publik di Semarang dan Jateng bisa menjalani tes sertifikasi sebagai akuntan publik di CCPA Unika. Penandatanganan MOU dilakukan Rektor Unika Soegijapranata Semarang Prof Dr Ir Y Budi Widianarko MSc dengan mitra IAPI.

“Pada pelaksanaan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) yang dimulai akhir tahun 2015, posisi Indonesia dengan luas wilayah dan jumlah penduduk memiliki posisi strategis tersendiri terkait MEA. Salah satu butir kesepakatan terkait bidang ekonomi dan sumberdaya manusia dalam kerangka MEA adalah disepakatinya 8 profesi yang pada tahap pertama bisa berkarier bebas di 10 negara ASEAN, yaitu profesi perawat, dokter, dokter gigi, akuntan, insinyur, dosen, land surveyor (appraisal) dan arsitek” ujar Agus Yuwono.

Karena Akuntan merupakan salah satu profesi yang pada tahap pertama ini bisa berkarier diantara negara 10 ASEAN tersebut, tambah Agus Yuwono, memerlukan persiapan khusus guna menghadapi tantangan sekaligus peluang untuk menghadapi MEA 2015. Salah satu bentuk nyata persiapan yang dimungkinkan dengan program sertifikasi profesi yang diterima secara global.

“Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) sebagai satu-satunya organisasi profesi akuntan publik yang diakui di Indonesia, yang berhak memberikan gelar akuntan publik (certified public accountant/ CPA). IAPI memiliki peran strategis mendukung keberhasilan profesi akuntan publik Indonesia di kancah internasional, di antaranya melalui peningkatan jumlah testing center pelaksanaan ujian sertifikasi CPA. Sehingga semakin mempermudah dan memperluas akses bagi pihak-pihak yang hendak mengambil tes sertifikasi tersebut” ujar Agus.

Lebih lanjut menurut Agus Yuwono, selain CCPA, Unika juga akan membuka CPA Review yang akan membantu mempersiapkan para peserta agar siap menghadapi ujian CPA. Diharapkan dengan terwujudnya kerjasama Unika-AIPI akan semakin memudahkan calon akuntan publik di Semarang dan Jawa Tengah mengikuti ujian CPA. Harapannya nantinya akan semakin meningkatkan jumlah akuntan publik di Indonesia, sehingga mampu lebih bersaing di pasar global. (Sgi)

sumber : KRJogja.com

Kategori: