Pasar Produk Pangan Mengalami Perubahan
Jumat, 26 Juni 2015 | 13:58 WIB

Dosen Thailand saat menyampaikan paparan di workshop (Foto: sugeng irianto)

SEMARANG (KRjogja .com)– Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata menyelenggarakan one day workshop  “Product Development and the Success of a New Product” di kampus setempat, Kamis (26/06/2015).

Ketua penyelenggara workshop Kartika Puspa Dwiyana menyatakan workshop merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Dies Natalis ke-20 FTP Unika Soegijapranata. Dalam workshop ini peserta diajarkan sejumlah strategi pengembangan produk agar bisa bertahan di pasar dan omzetnya terus meningkat.

Kartika Puspa Dwiyana yang juga kepala UPT International Office Unika ini menyebutkan beberapa strategi yang bisa digunakan oleh para praktisi. Salah satunya, strategi face to face langsung dengan costumer-nya. Strategi semacam ini penting dilakukan agar produsen tahu apa yang diinginkan pasar sehingga produknya sukses di pasar.

Selain Kartika Puspa Dwiyana, dua dosen lain menjadi pembicara utama workshop yaitu Probo Y Nugrahedi, dosen Unika yang baru saja mendapat gelar doktor dari Belanda dan Aussama Soontrumarudrungsri (dosen Assumption University, Bangkok Thailand). Menurut Nugrahedi, saat ini pasar terhadap produk pangan telah berubah.

Dibanding generasi sebelumnya, tingkat pendidikan mereka lebih baik sehingga permintaan berkembang pula. Selain itu, makin banyak yang lebih memilih makan di luar rumah. Singkatnya, consumer have a power”.

Sedangkan Aussama Soontrumarudrungsri lebih banyak membahas strategi apa yang bisa dilakukan. Salah satunya teknik pengembangan produk dengan pendekatan etnografi.

“Ternyata bagaimana cara seseorang menikmati ayam goreng bisa berbeda-beda di tiap daerah. Ada yang gemar mencocolkannya pada kecap atau sambal, namun ada yang lebih senang jika dicocolkan pada madu,” ujar Aussama Soontrumarudrungsri. (Sgi)

sumber : KRjogja.com

Kategori: