Membuat PIN ”Cantik” untuk BBM
Rabu, 3 Juni 2015 | 8:54 WIB

SM15-06-01 Membuat PIN Cantik untuk BBM

Nomor cantik menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya karena mudah diingat dan menjadi ciri khas. Baik itu nomor telepon rumah, nomor ponsel, maupun nomor kendaraan bermotor. Makna cantik pun berbeda-beda untuk setiap orang.

Nomor cantik menjadi kebanggan tersendiri bagi pemiliknya karena mudah diingat dan menjadi ciri khas. Baik itu nomor telepon rumah, nomor ponsel, maupun nomor kendaraan bermotor.

Makna cantik pun berbeda-beda untuk setiap orang. Memahami kecenderungan semacam itu, belum lama ini, BlackBerry mengeluarkan fitur baru yang memberikan kebebasan kepada para pelanggan BlackBerry Messenger (BBM) yang telah mengupdate versi 2.7.0.20. Yakni kustomisasi atau memilih PIN BBM sendiri.

BlackBerry mengumumkan fitur baru tersebut di ajang Mobile World Congress (2015) di Spanyol,. Di versi 2.7.0.20, selain kustomisasi PIN, ada beberapa fitur baru yang ditanamkan di dalamnya.

Di antaranya menghapus iklan, dukungan Android Wear, membagikan foto langsung dalam obrolan grup, peningkatan saluran, mengirim banyak foto ke seorang kontak, pratinjau gambar lebih besar sehingga dapat dilihat lebih mudah, dan memutar ulang catatan suara di dalam obrolan.

Pihak BlackBerry mengklaim fitur kustomisasi pemilihan PIN menjadi satu dari sekian banyak permintaan yang dilontarkan oleh pengguna BBM.

Perusahaan mengumumkan, pengguna BBM yang versi terbaru dapat membuat PIN pilihan sendiri yang terdiri atas 6-8 digit alfanumerik pilihan mereka. Tiap pengguna bebas membuat PIN yang diinginkan, unik, dan mudah untuk dibagikan.

"Pembaruan ini memberi pengguna kontrol untuk lebih menikmati pengalaman menggunakan BBM dengan menambahkan pilihan personalisasi dan privasi baru," kata Herman Li, Senior Vice President BBM Software Development dalam keterangan resminya.

Pembaruan ini sekarang sudah tersedia di toko aplikasi seperti BlackBerry World dan Google Play Store untuk BlackBerry 10 dan pengguna smartphone Android.

Tidak Sulit

Membuat PIN BBM sendiri tidaklah sulit, namun pengguna baru bisa melakukannya apabila telah membeli fitur Subscription dari BlackBerry. Harga yang harus dibayarkan untuk mendapatkan fitur tersebut tidak terlalu mahal, cukup 2 dolar AS atau sekitar Rp 26.000/bulan.

Cara atau prosedir yang harus ditempuh tidak terlalu panjang. Berikut beberapa langkah sederhana untuk membuat atau kustomisasi PIN BBM. Langkah pertama, pengguna harus memastikan telah mengunduh dan memperbarui aplikasi BBM. Buka aplikasi tersebut kemudian pilih BBM Shop. Biasanya, pilihan tersebut terdapat di bagian paling bawah menu.

Sesudah itu, cari tab Subscription dan tekan menu Custom PIN. Di bagian ini, pengguna harus membayar biaya Subscription. Setelah membayar, pengguna bisa langsung membuat dan memilih PIN sendiri. Kita bebas memilih PIN sepanjang 6 hingga 8 karakter yang bisa dikombinasikan antara huruf dan angka. Untuk saat ini, karakter simbol masih belum bisa digunakan sebagai PIN.

Yang harus diingat, PIN buatan sendiri ini tidak akan selamanya menjadi milik pengguna yang membeli pertama. Apabila masa berlangganan atau subscription sudah selesai, otomatis PIN tersebut bisa bebas dipakai oleh pengguna lain.

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, BlackBerry menyarankan untuk segera memperpanjang masa berlangganan sebelum masa berlakunya habis.

Pengguna iOS akan mendapatkan notifikasi setiap bulannya, beberapa saat sebelum masa subscription berakhir. Sedangkan untuk pengguna platform Android dan BlackBerry 10, tidak ada notifikasi perpanjangan subscription.

Pengguna BlackBerry 10 bisa memperpanjang masa berlangganan melalui BlackBerry World di bagian My World. Untuk Android, masa pemakaian bisa diperpanjang melalui layanan Google Wallet. Selain melakukan pemilihan PIN sendiri, pengguna BBM juga dapat berlangganan BBM tanpa iklan. BBM versi ini akan meniadakan iklan promosi dari BBM Feed dengan harga 0,99 dolar atau Rp 12 ribu/bulan. (38)

‚óŹ Christine Ayu Wulandari, mahasiswi penerima beasiswa unggulan Kemendikbud Unika Soegijapranata

Kategori: