Mahasiswa FTP Unika Dilatih ‘Keamanan Pangan’
Senin, 8 Juni 2015 | 8:33 WIB

Salah satu sudut suasana pelatihan (Foto sugeng irianto)

SEMARANG (Krjogja .com)– Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata Semarang mengadakan pelatihan Keamanan Pangan bagi mahasiswa angkatan 2011 dan 2012 jurusan Teknologi Pangan, laboran serta beberapa mahasiswa S2 Teknologi Pangan, di kampus setempat selama sekitar seminggu.

Pelatihan yang dibuka Dr Alberta Rika Pratiwi MSi (Wakil Dekan I FTP Unika) ini bekerja sama dengan PT SAI Global, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang pangan. Isi pelatihan di antaranya, mengenai HACCP, ISO 22000 serta pengauditan dalam intern pabrik.

HACCP merupakan Hazard Analysis Critical Control Point, suatu sistem jaminan mutu yang mendasarkan kepada kesadaran atau perhatian bahwa hazard (bahaya) akan timbul pada berbagai titik atau tahap produksi, tetapi pengendaliannya dapat dilakukan untuk mengontrol bahaya-bahaya tersebut.

ISO 22000 adalah standar internasional yang menggabungkan dan melengkapi elemen utama ISO 9001 dan HACCP dalam hal penyediaan kerangka kerja yang efektif untuk pengembangan, penerapan, dan peningkatan berkesinambungan dari Sistem Manajemen Keamanan Pangan.

Untuk pengauditan sendiri dilakukan dalam lingkup pabrik untuk menilai kinerja dari masing-masing bagian pada pabrik mengenai kualitas proses. Pelatihan ditutup R Probo Yulianto N STP MSc (Wakil Dekan III) seraya berharap pelatihan sangat berguna bagi mahasiswa dalam dunia kerja nantinya. (Sgi)

sumber : krjogja.com

Kategori: