Lolo Raih Predikat SOTY Unika Soegijapranata
Jumat, 19 Juni 2015 | 13:25 WIB

foto: suaramerdeka.com/ Puthut Ami Luhur

SEMARANG, suaramerdeka .com – Mahasiswi Fakultas Teknologi Pangan (FTP) Unika Soegijapranata Semarang Lorentia Santoso terpilih sebagai Student of The Year (SOTY) 2015 universitas tersebut, setelah menyisihkan enam kontestan lainnya. Menurut Wakil Rektor III Unika Soegijapranata Lita Widyo Hastuti menyatakan, sebelum ditetapkan sebagai pemenang bersama enam kontestan lainnya, melakukan uji publik dengan presentasi dalam Bahasa Inggris di ruang theater Thomas Aquinas. “Tujuan kami menggelar kegiatan ini setiap tahun untuk melakukan evaluasi kepada staf pengajar Unika, apakah yang dilakukan mendampingi mahasiswa selama empat semester sudah benar. Apa yang mahasiswa dapatkan selama menuntut ilmu di Unika Soegijapranata,” kata Lita kepada wartawan, Kamis(18/6).

Proses SOTY ini dimulai dari tingkat fakultas dan kemudian perwakilan tiap fakultas tersebut masuk pada tahap selanjutnya. Pada tahap ini mahasiswa diseleksi dari berbagai hal, kemampuan menulis paper dan dipresentasikan dalam Bahasa Inggris.

Selain juga dites kepribadiannya, pengetahuan dan wawasan mengenai Indonesia dari problem serta isu-isu yang berkembang. Kemudian juga dilihat partisipasinya dalam bidang ekstrakurikuler kampus. “Mahasiswa yang dikirim harus IP diatas tiga. Mereka yang lolos pada uji publik kali ini sudah melalui tahap karantina, selama dua hari satu malam,”
tegasnya.

Pada tahap pertama ada 12 mahasiswa dari perwakilan tiap fakultas yang lolos. Setelah karantina, hanya tujuh mahasiswa yang lolos dan mengikuti uji publik. Ketujuh finalis tersebut yaitu, Setya Tantra Nur dari Fakultas Arsitektur dan Design, Lorentia Santosa dan Ong Cindy Corazon dari Fakultas Teknologi Pangan, Pouw Ivan Jaya dari Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Kinanti Widyaningsih dan Monica Christiana dari Fakultas Psikologi, dan Yonetha Putri dari Fakultas Bahasa dan Sastra.

Setiap kontestan wajib menyampaikan presentasi papper-nya masing-masing dalam Bahasa Inggris dengan tema ‘Nurturing Humanity’ (membangun kemanusiaan) yang diambil dari nilai-nilai yang diwariskan Mgr Soegijapranata. Pada kontes kali ini, juara kedua diraih Pouw Ivan Jaya (FEB) dan juara tiga Monica Christiana (FPsi).

Lorentia atau akrab disapa Lolo mengaku, senang bisa mendapat gelar SOTY pada ajang yang digelar untuk kesembilan kalinya tersebut. Ia sangat excited karena akan mendapat kesempatan menjadi duta Unika Soegijapranata dalam event-event intenasional dan kegiatan serupa yang digelar oleh kopertis. “Terimakasih dukungannya selama ini, saya sangat senang dan excited mendapat predikat ini,” tutur dara berkacamata tersebut.
(Puthut Ami Luhur/ CN40/ SM Network)

sumber : berita.suaramerdeka.com

Kategori: