Kerjasama Fakultas Arsitektur dan Desain dengan Institusi di Thailand
Jumat, 26 Juni 2015 | 14:16 WIB

Dalam rangka mempersiapkan diri di era pasar bebas ASEAN, Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Unika Soegijapranata berkunjung ke Thailand pada tanggal 16 – 19 Juni 2015 untuk merintis kerjasama dengan dua institusi yaitu Chulalongkorn University dan Fine Arts Department.

Di Chulalongkorn University, tiga Program studi FAD yaitu Program Studi S1 Arsitektur, Program Studi S2 Arsitektur dan Program Studi Desain Komunikasi Visual berdiskusi dengan tiga program studi dari Faculty of Architecture yaitu International Program In Design and Architecture (INDA) , Communication Design (CommDe), Master of Architecture in Architectural Design program (i+Arch). Kedua institusi bersepakat untuk mengembangkan kolaborasi program di bidang kurikulum dan pendidikan profesi. Beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat antara lain kolaborasi workshop, “student exchange” dan “lecturer exchange”.

Kerjasama FAD dan Institut Thailand
Foto bersama dengan Dekan Dr. Pinraj Khanjanusthiti dan para dosen Chulalongkorn University, Faculty of Architecture: Program In Design and Architecture (INDA), Communication Design (CommDe), Master of Architecture in Architectural Design program (i+Arch).

 

Kunjungan ke Fine Arts Department lebih difokuskan pada pengembangan program – program bersama dalam bidang pelestarian cagar budaya. Fine Arts sendiri merupakan badan pemerintahan di bawah Kementrian Kebudayaan Thailand yang memiliki tugas dan tanggung jawab di bidang preservasi, revitalisasi dan promosi untuk seni dan budaya Thai dalam segala bidang. Sementara FAD juga memiliki perhatian yang tinggi terhadap warisan budaya, serta mempunyai pengalaman dalam kegiatan-kegiatan pelestarian warisan budaya khususnya di kota Semarang. Hasil dari pembicaraan ini adalah kolaborasi kedua institusi dalam seminar internasional Urban Heritage yang akan diselenggarakan pada bulan November 2015 di FAD, Unika Soegijapranata.

Kerjasama FAD dan Institut Thailand2
Acara diskusi dan penyerahan kenang-kenangan dari Dekan FAD kepada Deputi Direktur Fine Arts Department Mr. Pirapong Pisnupong

Kategori: ,