Guru Besar Unika Luncurkan Buku ‘Green Economy’
Rabu, 3 Juni 2015 | 9:14 WIB

Prof Andreas Lako saat peluncuran buku karyanya (Foto:Sugeng Irianto)

SEMARANG (KRjogja .com)-Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Seogijapranata Prof Dr Andreas Lako meluncurkan buku terbarunya  “Green Economy: Menghijaukan Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi” di kampus Unika.Buku berisi kumpulan artikel ilmiah popular yang ditulis Prof Andreas Lako di berbagai surat kabar nasional ini, dibedah sejumlah pakar dan praktisi di antaranya Rektor Unika Prof Dr Budi Widianarko MSc, Guru Besar Ekonomi Undip Prof Dr FX Sugiyanto, Dirut Bank Jateng Dr Supriyatno, dan pejabat Ikatan Akuntansi Indonesia Sidarta.

Latar belakang peluncuran buku, ujar Prof Andreas Lako yang juga Ketua LPPM Unika ini, menyusul keinginannya mempedalam kepedulian terhadap masalah global warning dan lingkungan yang semakin parah dan mengancam kehidupan manusia.

Sehingga lewat pemikiran di buku tersebut dirinya ingin mengajak para pengusaha, masyarakat dan pemerintah agar menghijaukan ekonomi lewat regulasi maupun cara-cara menjalankan perusahaan dengan memperhatikan lingkungan. “Tidak lagi jamannya saat ini perusahaan hanya mengejar keuntungan semata seraya mengabaikan bahkan berpotensi merusak lingkungan dari aktivitas perusahaannya. Demikian juga di bidang keuangan dan akuntansi, juga harus  menerapkan green economy dan sustainable economy atau ekonomi berkelanjutan dalam pembangunan di berbagai bidang termasuk bidang ekonomi, akuntansi, dan perbankan” ujar Andreas Lako.

Menurut Prof Andreas Lako, dalam buku tersebut berisi juga tentang bagaimana mengubah cara pandangan dan paradigma, bagaimana cara berpikir tentang penghijauan perekonomian oleh semua kalangan masyarakat dan terutama para pelaku usaha yang dapat melakukan interaksi sesama maupun dengan lingkungan.  (Sgi)

sumber : krjogja.com

Kategori: