FTP Gandeng PT SAI GLOBAL Gelar Pelatihan Keamanan Pangan
Rabu, 3 Juni 2015 | 15:37 WIB

HACCP

Sebagai Fakultas yang memiliki Akreditasi A tentunya sudah hal yang biasa jika dilakukan kegiatan yang mendukung perkembangan bagi mahasiswanya. Fakultas Teknologi Pertanian sebagai salah satu fakultas yang berada di Unika Soegijapranata berusaha melakukan hal tersebut. Pelatihan Keamanan Pangan bagi mahasiswa merupakan hal yang dilakukan untuk meningkatkan daya intelektual bagi mahasiswanya.

Pelatihan ini diadakan dari hari senin, 25 mei 2015 hingga Jumat, 29 mei 2015. Pelatihan ini diikuti oleh angkatan 2011 dan 2012 jurusan Teknologi Pangan, laboran serta beberapa mahasiswa dari S2 Teknologi Pangan. Tak tanggung-tanggung, pelatihan ini diadakan oleh PT SAI Global. Diakhir pelatihan dilakukan ujian untuk mendapatkan sertifikat keamanan pangan bagi peserta.

SAI Global merupakan salah satu perusahaan yang melakukan pelatihan keamanan pangan bagi beberapa perusahaan yang bergerak di bidang pangan. Acara pelatihan ini dibuka oleh Dr. Alberta Rika Pratiwi, MSi selaku WD (Wakil Dekan) 1. Setelah dilakukan pembukaan, peserta dibagi ke beberapa ruangan yaitu ruang seminar 1 dan 2, ruang Oval gedung albertus, Gedung Thomas Aquinas lt. 2 dan 3 serta ruang 5.1.A Gedung Yustinus Unika Soegijapranata, Semarang.

Dalam pelatihan tersebut, dilakukan pelatihan kepada mahasiswa mengenai HACCP, ISO 22000 serta pengauditan dalam intern pabrik. HACCP merupakan Hazard Analysis Critical Control Point yang adalah suatu sistem jaminan mutu yang mendasarkan kepada kesadaran atau perhatian bahwa hazard (bahaya) akan timbul pada berbagai titik atau tahap produksi, tetapi pengendaliannya dapat dilakukan untuk mengontrol bahaya-bahaya tersebut.

Sementara ISO merupakan standar internasional yang menggambarkan kebutuhan dari suatu sistem manajemen keamanan pangan yang mencakup semua organisasi dalam rantai pangan dari panen sampai produk siap untuk dikonsumsi. ISO 22000 adalah suatu standar internasional yang menggabungkan dan melengkapi elemen utama ISO 9001 dan HACCP dalam hal penyediaan suatu kerangka kerja yang efektif untuk pengembangan, penerapan, dan peningkatan berkesinambungan dari Sistem Manajemen Keamanan Pangan. Dan untuk pengauditan sendiri dilakukan dalam lingkup pabrik untuk menilai kinerja dari masing-masing bagian pada pabrik mengenai kualitas proses.

Setelah diadakan pelatihan, tersebut, acara ditutup oleh Bpk. R. Probo Yulianto N., STP., MSc selaku Wakil Dekan 3. “pelatihan ini sangat berguna bagi mahasiswa dalam dunia kerja, semoga ilmu ini tetap terbawa dan menjadi pengetahuan bagi mahasiswa sehingga mampu diterapkan dalam dunia kerja nantinya” tutur Bpk.Probo saat kata sambutan diakhir pelatihan (Boli).

Kategori: ,