Es Jamu Produk Unika Soegijapranata
Jumat, 12 Juni 2015 | 8:37 WIB

Mahasiswa Unika Soegijapranata Semarang mengolah jamu menjadi es krim. (Ilustrasi: Shutterstock)

SEMARANG Enggak harus menahan rasa pahit ketika meminum jamu. Kini, kita bisa merasakan khasiat jamu dalam bentuk es krim dan rasa lebih segar.

Inovasi es sorbet jamu kunyit asam dan es sherbet jamu beras kencur ini dikembangkan oleh mahasiswa Teknologi Pangan Unika Soegijapranata, Semarang. Humas Unika Soegijapranata Semarang Agus Yuwono menyatakan, es jamu tersebut dibuat menggunakan alat es puter yang dikembangkan oleh SMK 3 Sukoharjo.

"Es sorbet dan sherbet jamu yang diproduksi mempunyai tekstur yang lembut dan rasa yang enak. Inovasi ini memberi alternatif pengolahan jamu menjadi produk yang lebih diminati. Diharapkan anak-anak juga akan menyukai produk jamu dalam bentuk es tersebut dan mengambil manfaat kesehatan dari jamu yang dikonsumsi," ujar Agus Yuwono.

Selain produk es jamu, civitas akademika Teknik Elektro Unika bekerjasama dengan Teknologi Pangan Unika Soegijapranata juga mengembangkan alat pemecah koro. Pengolahan koro yang dikenal memiliki biji keras akan menjadi lebih mudah menggunakan alat ini.

"Alat ini dapat membantu industri skala kecil untuk membuat produk olahan koro seperti tepung koro, tempe koro, keripik koro ataupun produk olahan koro yang lain," imbuh Agus.

Kedua inovasi Unika Soegijapranata tersebut dipamerkan di Soropadan Agro Expo (SAE 7) 2015 tanggal 6–8 Juni 2015 lalu.

(rfa)

sumber : news.okezone.com

Kategori: