Dr. Victoria Juara I Dosen Berprestasi Tingkat Kopertis VI Jateng 2015
Rabu, 17 Juni 2015 | 9:39 WIB

Bendan Dhuwur-  Dosen Unika Soegijapranata (Unika) Semarang yang memiliki nama dan gelar lengkap Dr. Victoria K. Ananingsih ST.M.Sc kemarin siang (10/6),  oleh juri yang terdiri dari Prof. Slamet Imam Wahyudi (Unissula), Prof. Ferdy S. Rondonuwu (UKSW), Prof. Andreas Lako, dinobatkan sebagai juara I ajang Dosen Berprestasi Tingkat Kopertis VI Jateng 2015.

Terpilihnya Dr. Victoria menurut salah satu juri Prof. Ferdy mengatakan,  dari salah satu aspek penelitian kinerja Dia menunjukkan cukup berhasil. Bahkan, apa yang dilakukan   sudah sampai pada produk-produk yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas, yakni berupa pewarna alami untuk  makanan khususnya pewarnaan  yang menggunakan warna merah.

Meskipun demikian, lanjut Guru Besar UKSW membeberkan, Dekan dari Fakultas Pertanian Unika tersebut dalam penyampaiannya berupa proses kerja kerasnya belum tergambar. “Iini perlu dibenahi agar di tingkat nasional nanti semua bisa merasa yakin bahwa itu bukan pekerjaaan yang mudah. Saya optimis wakil dari Kopertis VI dapat masuk 15 besar nasional.” katanya.

Victoria menjelaskan, ketika melakukan presentasi harus menyeluruh,  tidak  terbatas pada aspek penelitian saja, seperti publikasi harus dikuatkan dan juga pengabdian masyarakat. “Saat presentasi  saya lebih fokus kesatu hal. Padahal dalam prosesnya itu ada hal-hal problem yang apabila diungkapkan bisa lebih memperkuat bahwa apa yang saya dapatkan itu tidak didapat secara mudah.” papar ibu satu putra tersebut.

Ia menambahkan, penelitian yang saya lakukan ini butuh waktu sekitar dua  tahun. Ditahun kedua ini saya harus bisa aplikasikan untuk makanan-makanan yang memang cenderung menggunakan warna merah.

Hasil selengkapnya  Pemilihan Dosen Berprestasi tingkat Kopertis VI Jateng 2015. Juara I diraih Victoria K. Ananingsih, ST.M.Sc. (Unika), Juara II diraih Dr. Sri Yulianto JP.S.Si,M.Kom, Juara III diraih Denny Vitasari, ST. M.Eng.Sc.Ph.D (UMS).

Kepada juara Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP Sugiharto saat menutup acara menyampaikan ucapan selamat dan memberikan apresiasi. “Untuk para juara  siapkan diri sebaik mungkin ditingkat nasional nanti, sebagai upaya mempertahankan budaya masuk 15 besar, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya.

Selain pemilihan Dosen Berprestasi, dilakukan pula pemilihan Kaprogdi Berprestasi, Pustakawan Berprestasi, Tenaga Pengelola Keungan Berprestasi, Tenaga Administrasi Akademik Berprestasi, Laboran Berprestasi. Hasil dari seleksi selengkapnya dapat dilihat di website Kopestis6.or.id.

sumber : Kopertis6.or.id

Kategori: