Unika Soegijapranata Persembahkan Soegijazz
Senin, 11 Mei 2015 | 8:25 WIB

Hidupkan Suasana Berkesenian

SEMARANG, suaramerdeka.com – Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata akan menggelar Unika Soegijazz coaching and concert, pada Sabtu (23/5) di halaman depan Gedung Thomas Aquinas.

Rektor Unika Prof Budi Widianarko menyatakan, Unika Soegijazz merupakan persembahan universitas tersebut untuk Kota Semarang dalam menghidupkan suasana berkesenian.

“Kota Semarang sering disalahpahami kurang berseni dan berbudaya. Kota ini sebenarnya mempunyai akar budaya yang sangat kuat misalnya kuliner. Seluruh rekaman Basio misalnya, dilakukan di perusahaan di Semarang,” kata Budi di kampus setempat, Jumat (8/5).

Menurutnya Kota Semarang itu unik dan tidak bisa disetarakan dengan kota lainnya di Indonesia. Ada banyak seniman besar sambungnya, dari Semarang antara lain Bobby Chan dan Jaya Suprana. Semarang tambahnya, merupakan satu sentrum berkesenian di Indonesia.

“Penyelenggaraan ini sebagai tanggung jawab sosial, tidak hanya untuk warga Unika tetapi juga Kota Semarang. Harapannya event ini menjadi kegiatan tahunan jika respon masyarakat dan civitas akademika, baik,” tutur Budi.

Sementara Ketua Panitia Benny Danang Setiyanto menyatakan, gagasan menggelar rencana ini sudah lama dan beberapa artis ber-genre jazz sudah pernah didatangkan seperti Sierra Sutejo, Barry Likumahuwa Project, dan lain-lain. Mereka pernah didatangkan dalam acara welcome party Unika Soegijapranata dan kali ini membuat yang lebih serius dengan melibatkan komunitas-komunitas yang ada.

“Kami memilih jazz sebagai aliran musik yang ditampilkan karena musik tersebut mirip universitas,” tambahnya.

Sembari beranalogi, ia menegaskan universitas memberikan kebebasan mengembangkan pribadi namun tetap terbatas dengan koridor ilmu pengetahuan. Sedangkan jazz juga memberikan kebebasan bermusik dengan melakukan improvisasi tetapi harus ada harmonisasi dengan pemain lainnya.

sumber : berita.suaramerdeka.com

Kategori: