Unika Gelar Pementasan Jazz Nasional
Senin, 11 Mei 2015 | 8:19 WIB

SEMARANG (KRjogja .com)- Sebagai rasa tanggungjawab sosial perguruan tinggi terhadap perkembangan musik di tanah air, Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang bekerja sama dengan Komunitas Jazz kota Semarang akan menggelar pementasan music jazz di kampus kawasan Bendan Duwur, Sabtu (23/05/2015) mendatang.
Rektor Unika Soegijapranata Prof Dr Ir Y Budi Widianarko MSc didampingi Wakil Rektor IV (Bidang Kerjasama) Dr Marcella Elwina S, SH CN MHum, dan Ketua Panitia pementasan Benny Danang Setianto SH LLM MH kepada pers menyatakan, kampus wajib menghidupkan kesenian dan khsususnya musik di negeri ini. Sekaligus sebagai pendidikan dan hiburan bagi mahasiswa dan masyarakat serta sebagai bentuk university social responsibility (tanggungjawab sosial universitas).
“Banyak yang bisa dipetik dari pementasan musik. Musik adalah bahasa yang universal, dapat menyampaikan isi hati, rasa dan asa seseorang. Musik menyampingkan perbedaan dan dapat menjadi ‘perekat’ untuk mewujudkan harmoni serta rasa kebersamaan” ujar Rektor Unika.
Tentang pemilihan jenis music jazz, Rektor menyebutkan music jazz identik dengan kehidupan keilmuan di kampus. Tiap personil atau awak band music jazz dalam pementasan biasanya melakukan banyak improviasiasi tetapi masih dalam koridor satu kesatuan harmoni dengan personil band lainnya secara bersama. Seperti halnya di kampus para dosen memiliki improvisasi atau berbagai jenis pengetahuan yang diajarkan pada mahasiswa namun masih sejalan dengan keharmonisan ilmu dan keharmonisan kampus secara umum.
Benny D Setianto yang juga Dekan Fakultas Hukum dan Komunikasi (FHK) Unika dan Dudut (salah satu personil DAC Band) menambahkan, pementasan dengan nama Soegijazz (mengambil nama Soegijapranata dan Jazz) akan berlangsung siang tengah hari sampai malam pukul 22.00.
Sedikitnya 15 kelompok (komunitas) music jazz nasional dan dari Jateng DIY akan meramaikan Soegijazz tersebut. Dari Jogja akan datang Komunitas Mben Senen, Rekoneko dan Etawa Jazz Club, dari Salatiga hadir Sekawan and Friends dan dari Semarang muncul Komunitas Jazz Ngisoringin Semarang, Baruch Jethrobe Unika, DAC Band. Juga dari daerah Tegal, Pekalongan dan Jakarta (Quartunes).
“Puncak acara akan diawali dengan Band Lokal Hero DAC Band, Emeral BEX yang pernah mendapat penghargaan Asia, dan dipungkasi oleh penampilan salah satu penyanyi jazz terkemuka tanah air Sierra Soetedjo dan Joeniar Arif” ujar Benny. (Sgi)

sumber : krjogja.com

Kategori: