Spirit Unika dalam Soegijazz
Senin, 11 Mei 2015 | 8:32 WIB

SEMARANG – Meski tak memiliki Jurusan Musik, Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata berani menuangkan filosofi musik dalam pendidikan mahasiswa. Salah satunya, kampus yang terletak di Jl Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Dhuwur itu akan membuat festival musik jazz. Nama acara diambil dari tokoh kampus, Soegijazz.

Klinik dan konser musik ini digelar di depan gedung Thomas Aquinas, Sabtu (23/5) mendatang. Sedikitnya 15 grup musik jazz dari Jakarta, Yogyakarta, Solo, Pekalongan, Tegal, dan tuan rumah Semarang akan tampil. Bintang tamu dalam Soegijazz adalah DAC Band, Emerald BEX, Joeniar Arief dan puncaknya menampilkan penyanyi jazz Sierra Soetedjo.

Edukasi

”Musik jazz sarat dengan unsur edukasi. Filosofinya menarik. Setiap individu melakukan improvisasi, akhirnya harus satu garis tetapi bukan komando.

Saya menyebutnya kepatuhan kreatif. Patuh tetapi tetap memberi ruang kreativitas. Cocok dengan spirit perguruan tinggi. Mahasiswa kan begitu, kuliah ada waktunya tetapi tetap harus kreatif,” kata Rektor Unika, Y Budi Widianarko, Jumat (8/5).

Dalam penerapan filosofi tersebut, Unika tidak main-main. Kampus menjadi sponsor utama. Menurut Budi, hal itu merupakan tanggung jawab sosial serta kontribusi kampus dalam kehidupan anak didik.

”Kami bersama elemen lain ingin menghidupkan kegiatan berkesenian. Mereduksi label kota yang kering akan kesenian serta kebudayaan. Acara ini bukan buat kami saja. Kami sponsor utama,” tuturnya. (akv-43)

sumber : berita.suaramerdeka.com

Kategori: