Menjelajahi Jurnalistik itu Menyenangkan
Sabtu, 30 Mei 2015 | 23:52 WIB

IMG_9215 IMG_9360 IMG_9325 IMG_0209 IMG_9395

Dian fenata adalah salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unika Soegijapranata Semarang yang berfokus pada bidang jurnalistik. Baru – baru ini UKM ini mengadakan sebuah acara yang bertemakan Jurnalism Roaming atau yang disingkat JR ini. Acara JR yang berlangsung selama dua hari ini di sekitar kampus Unika pada tanggal 22-23 Mei lalu ini diikuti oleh beberapa perwakilan tiap – tiap UKM yang ada di FEB sendiri, dan beberapa mahasiswa diluar FEB yang memang tertarik dengan kegiatan jurnalistik.

JR adalah fun jurnalism competition, dimana acara ini terinsprasi dari konsep jelajah internet. Meski JR mengadopsi konsep dari jelajah internet namun tidak semua ditelan mentah – mentah oleh panitia, dimana mereka melakukan innovasi yaitu dengan mengubah jelajah internet menjadi jelajah jurnalistik.

Acara yang diawali dengan mini seminar sebelumnya ini, diadakan dalam rangka untuk mengubah pandangan orang terhadap jurnalistik itu tidaklah membosankan seperti yang dibayangkan. Hal ini diperlihatkan dimana peserta diajak berjelajah mengenai jurnalistik dengan ditambahkan sebuah permainan didalam penjelajahan tersebut, yaitu dengan peserta dibagi kedalam sebuah team, pada team tersebut akan diajak berjelajah pada pos – pos yang telah disediakan oleh panitia. Pada pos tersebut team yang terbagi dari beberapa orang akan memilih satu teamnya untuk bermain pada pos tersebut, dan yang lainnya mengikuti kuis yang bersifat junalistik.

Hari terakhir acara JR ini diakhiri dengan pembagian hadiah, dimana pemenang dibagi berdasarkan kategori yang telah ditetapkan oleh panitia. Kategori pertama adalah tercepat dalam menyelesaikan setiap pos, kedua pemenang juara untuk team yang memiliki point terbanyak saat jelajah junalistik tersebut dan yang terakhir adalah membuat report artikel mengenai acara JR itu sendiri.

“dengan adanya JR tahun ini, diharapkan untuk tahun depan Dian Fenata bisa mengadakan JR yang kedua dengan cakupan target yang lebih luas lagi” ungkap Samuel Ardiyan selaku ketua panitia. Ia pun menambahkan dengan adanya acara JR dapat mengubah mine sight masyarakat bahwa junalistik itu menyenangkan. (Molly)

Kategori: ,