Mengasah Kerohanian dan Kepemimpinan
Rabu, 27 Mei 2015 | 9:37 WIB

2

“Setiap orang adalah seorang pemimpin. Ada beberapa tingkatan memimpin yaitu memimpin diri sendiri, bekerja sama dengan tim, memimpin orang lain, dan memimpin para pemimpin”, urai Pak Harry Xiao dalam Gladi Rohani VI di Griya Asisi, Bandungan.

Gladi Rohani ini diselenggarakan oleh OMK Campus Ministry Unika Soegijapranata pada hari Jumat-Minggu, 22-24 Mei 2015. Tema yang diangkat adalah My Passion to Love and Care with Gratefulness. Hadir sebagai narasumber adalah Pak Harry Xiao (motivator dan pelatih kepemimpinan) dan Rama Yohanes Gunawan Pr (Kepala Campus Ministry Unika).

Ada aneka macam dinamika kelompok dan latihan yang dikemas dalam acara gladi rohani tersebut. Lebih lanjut, Harry Xiao menguraikan bahwa ada tiga kata kunci untuk menjadi seorang pemimpin. Ketiga kata kuncinya itu adalah efektif, bertumbuh, dan integritas. ”Dibutuhkan konsistensi dan repetisi agar menjadi semakin ahli dalam memimpin”, tegas Pendiri Powerspeak Indonesia ini.

Sementara itu, Rama Gunawan mengajak peserta untuk menggali kisah kasih dalam hidup yang membentuk perjalanan hidup setiap orang sejak lahir sampai saat ini. Dalam kisah hidup itu, ada kasih Allah yang perlu disadari dan disyukuri. “Kesadaran akan kisah hidup itu penting. Karena bisa membuat kita semakin dewasa. Semakin kita dewasa, kita semakin mandiri”, papar Rama Gunawan.

Rama Gunawan juga memaparkan adanya sembilan tipe kepribadian seseorang. Kesembilan tipe itu adalah perfeksionis, penolong, pengejar prestasi, romantis, pengamat, pencemas, petualang, pejuang dan pendamai.

Pada malam terakhir diadakan penerimaan Sakramen Rekonsiliasi dan konsultasi. Rama Gunawan melayani Sakramen Rekonsiliasi atau Tobat, sedangkan Pak Harry melayani konsultasi.

Pada hari Minggu, panitia mengajak peserta untuk senam meditasi di alam. Dilanjutkan dengan outbound untuk menjalin kepercayaan, persaudaraan, kebersamaan, kerjasama dan kecintaan pada Kitab Suci. Dan rangkaian acara Gladi Rohani ditutup dengan misa penutup yang bertepatan dengan Hari Raya Pentakosta, turunnya Roh Kudus.

“Semoga para peserta Gladi Rohani semakin berkembang menjadi pribadi yang peduli dan penuh kasih kepada sesama. Terlibat dan menjadi penggerak di Campus Ministry, di fakultas, maupun universitas”, harap Jessica, ketua panitia. # CM

Kategori: