Gandhes Ingin Bermanfaat
Senin, 25 Mei 2015 | 8:48 WIB

SM150524 Gandhes Ingin Bermanfaat

Masih ingat kamu dengan acara televisi yang dipandu Bondan Winarno yang terkenal dengan slogan ‘’maknyus’’-nya? Yup, itu adalah acara yang sangat memanjakan mata dan perut.

Nah, ngomong-nomong soal makan nih, Paulina Gandhes Dian Krisjati juga tertarik di bidang kuliner. Nggak melulu sebagai penikmat makanan, dia melakukan penelitian makanan. Menurutnya makanan pun perlu diteliti karena sekarang makan sudah merupakan gaya hidup. ‘’Orang nggak lagi makan untuk kenyang, tapi juga menginginkan makanan yang sehat dan enak,’’ jelas dara asal Wonosobo ini.

Bagai botol yang mendapatkan tutupnya, keinginannya untuk melakukan penelitian ternyata terwujud dengan mengikuti penelitian bidang pangan di Negeri Gajah Putih, Thailand, pada Januari tahun lalu. ‘’Penelitian kali itu tentang uji konsumen terhadap body care product dan minuman komersial. Lebih mengarah pada preferensi dan kesukaan orang Thailand terhadap produk-produk tersebut,’’ ceritanya.

Penelitian yang digarap seorang diri ini juga mendapat kesempatan disosialisasikan di acara International Conference on Substainable Global Agriculture and Food Security (ICSAF) yang digelar Juli 2014 di Bangkok.

‘’Ya semacam konferensi gitu. Di dalamnya itu ada seminar sama publikasi publikasi hasil penelitian dari berbagai negara,’’ kata mahasiswa Teknologi Pangan Unika Soegijapranata Semarang ini.

Nggak Mudah

Menjadi seorang peneliti di bidang makanan bukanlah hal yang mudah untuk dijalani. Apalagi ketika kita harus melakukan penelitian di tempat baru, dengan budaya yang baru pula. Ini menjadi tantangan sendiri bagi Gandhes, begitu dia biasa disapa. Di tempat yang baru, dia harus bisa melakukan penelitian yang objek peneltiannya itu adalah orang dengan budaya yang berbeda dengannya.

Wow, sungguh pengalaman yang menarik, bukan? Bahkan pengalaman seperti ini jelas nggak akan terlupakan mengingat ini penelitian kali pertama di luar Indonesia.

Saat ini, dara yang hobi menonton film itu sedang melakukan penelitian untuk data skripsinya. Dengan bekal pengalaman yang sudah dia dapat, Gandhes memilih melakukan penilitian pada usaha kecil menengah.

‘’Penelitian kali ini tujuannya membantu UKM mendapatkan keinginan konsumen dari produk mereka,’’ katanya.

Ada ungkapan bahwa tujuan terbaik dari suatu usaha yang kita lakukan adalah tujuan untuk sesama. Yup, sepertinya hal ini yang ingin dilakukan Gandhes selanjutnya. Dara berkacamata ini ingin melakukan suatu penelitian yang nantinya memberi manfaat untuk orang banyak, sekaligus membawa dampak langsung bagi mereka.

Sungguh cita-cita yang mulia. ‘’Selanjutnya saya ingin melakukan penelitian dalam bidang penguatan dan pengembangan usaha-usaha kecil menengah. Selama ini pernah mengikuti kegiatan untuk pengembangan usaha kecil menengah, dan saat ini sedang mengerjakan penelitian skripsi untuk hal tersebut. Semoga yang saya inginkan bisa tercapai,’’ tutupnya. (62) F Anton Saputra

Kategori: