Unika Gelar Lomba Robot Jateng-DIY
Rabu, 15 April 2015 | 8:05 WIB

KR140415 Unika Gelar Lomba Robot Jateng-DIY

SEMARANG (KR)- Minat siswa terhadap pengetahuan terkait seluk beluk teknologi robot belakangan ini semakin tinggi. Kalau beberapa waktu lalu, siswa SMA sederajat mulai belajar robotika tetapi saat ini saat SMP bahkan saat masih di bangku SD sudah banyak yang menyenangi robotika. Begitu juga komunitas-komunitas berkaitan dengan teknologi robot banyak bermunculan di berbagai kota di Indonesia.

Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Dr F Budi Setiawan MT, dan Ketua Pelaksana ‘Robo Vaganza 2015 Unika’ Felix Yustian Setiono ST MT menyampaikan hal tersebut di kampus Unika, Senin (13/4) berkaitan dengan rencana kegiatan lomba robot berlabel ‘Robo Vaganza 2015’ yang digelar di kampus Unika Kamis (16/4).

“Dunia robotika Indonesia semakin bergairah. Ini salah satunya terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba robot di Unika dari tahun ke tahun. Lomba robot jenis line follower atau robot yang diberi tugas mengikuti garis ini sudah 5 kali dilaksanakan Unika, dan tahun ini yang keenam kalinya. Tahun ini teknologi yang kami perlombakan adalah robot digital sedangkan tahun-tahun lalu lebih ke robot analog,” ujar Dr F Budi Setiawan.

Sedangkan Felix Yustian dan Ketua seksi lomba Ardian Hariyanto menambahkan lomba robot akan mempertandingkan 2 kelas yaitu kelas siswa/pelajar dan kelas mahasiswa (umum). Kelas siswa boleh diikuti siswa SD, SMP, atau SMA sederajat se Jateng-DIY dan kelas mahasiswa (umum) boleh diikuti masyarakat atau mahasiswa di JatengDIY. (Sgi)-o

——————————–

 

Unika Gelar Lomba Robot Jateng-DIY

Kaprodi Elektro (kiri), Ketua Panitia (tengah) dan Ketua Lomba (kanan) robot yang akan dilombakan.(Foto: sugeng irianto)

Kaprodi Elektro (kiri), Ketua Panitia (tengah) dan Ketua Lomba (kanan) robot yang akan dilombakan.(Foto: sugeng irianto)

SEMARANG (Krjogja .com) – Minat siswa terhadap pengetahuan terkait seluk beluk teknologi robot belakangan ini semakin tinggi. Kalau beberapa waktu lalu, siswa SMA sederajat mulai belajar robotika tetapi saat ini saat SMP bahkan saat masih di bangku SD sudah banyak yang menyenangi robotika. Begitu juga komunitas-komunitas berkaitan dengan teknologi robot banyak bermunculan di berbagai kota di Indonesia.

Ketua Program Studi Teknik Elektro Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang Dr F Budi Setiawan MT, dan Ketua Pelaksana “Robo Vaganza 2015 Unika” Felix Yustian Setiono ST MT menyampaikan hal tersebut pada pers di kampus Unika, Senin (13/04/2015) berkaitan dengan rencana kegiatan lomba robot berlabel “Robo Vaganza 2015” yang digelar di kampus Unika, Kamis (16/04/2015).

“Dunia robotika Indonesia semakin bergairah. Ini salah satunya terlihat dari banyaknya peserta yang mengikuti lomba robot di Unika dari tahun ke tahun. Lomba robot jenis line follower atau robot yang diberi tugas mengikuti garis ini sudah 5 kali dilaksanakan Unika, dan tahun ini yang keenam kalinya. Tahun ini teknologi yang kami perlombakan adalah robot digital sedangkan tahun-tahun lalu lebih ke robot analog” ujar Dr F Budi Setiawan.

Sedangkan Felix Yustian dan Ketua seksi lomba Ardian Hariyanto menambahkan lomba robot akan mempertandingkan 2 kelas yaitu kelas siswa/pelajar dan kelas mahasiswa (umum). Kelas siswa boleh diikuti siswa SD, SMP, atau SMA sederajat se Jateng-DIY dan kelas mahasiswa (umum) boleh diikuti masyarakat atau mahasiswa di Jateng-DIY.

“Tahun ini kami kembali berlaga di robot digital. Tahun-tahun lalu di robot analog dan pernah juga robot digital dan tahun 2015 ini kembali ke robot digital karena sudah semakin banyak sekolah dan masyarakat umum yang belajar robot digital. Namun seandainya ada robot analog ingin ikut juga di lomba ini maka panitia juga memperbolehkannya” ujar Felix.

Lebih lanjut menurut Felix, lomba selalu diikuti sekolah Jateng-DIY. Lomba pertama tahun 2010 lalu dimenangkan SMKN 3 Yogya, tahun kedua (2011) SMAN 1 Purweorejo, tahun ketiga (2012) SMA Virgo Fedelis Ambarawa, tahun keempat (2013) SMKN 2013 Yogya dan tahun kelima (2014) lalu kembali SMKN 3 Yogya memenangi lomba. Dirinya berharap tahun ini semakin banyak sekolah berpartisipasi dalam lomba yang di dalamnya diisi pula demo berbagai robot, coaching clinic analog robot dan lomba robot Line follower. (Sgi)

Sumber : KRjogja.com

Kategori: