“UNIKA BAWA SAYA KE NEGERI ORANG”
Senin, 20 April 2015 | 10:55 WIB
alis

Oei Alisya Martha Wijaya, wisudawan terbaik Prodi Akuntansi

 

Yah, inilah kalimat yang diberikan oleh wisudawan terbaik Fakultas Ekonomi dan Bisnis Program Studi Akuntansi periode I April 2015. Berawal dari sebuah impian, Oei Alisya Martha Wijaya berhasil dibawa Unika untuk bergabung 22nd Conference of the Association of Southeast & East Asian Catholic Colleges & Universities (ASEACCU) yang diselenggarakan di Ateneo de Davao University, Philippines bulan Agustus tahun lalu.

Salah satu Alumnus SMA Kolose Loyola yang biasa disapa Alis, berhasil menyelesaikan kuliahnya kurang dari 4 tahun. Segudang prestasi berhasil dibawanya, mulai dari tingkat kampus bahkan diluar kampus seperti Juara 2 Student of the Year Universitas Katolik Soegijapranata 2014, Juara 3 Java Accounting Competition Universitas Kristen Satya Wacana 2014, Finalis National Accounting Competition and Seminar Universitas Kristen Satya Wacana 2012, Juara 2 Sayembara Paper Unika Soegijapranata 2012, Juara 3 Lomba Poster Artlogika Unika Soegijapranata 2011, dan Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM)- Pengabdian Kepada Masyarakat lolos Dikti 2013-2014.

Tak hanya ‘memboyong’ banyak prestasi, selama perkuliahan Alis juga disibukkan dengan menjadi Asisten Dosen Praktikum Akuntansi, Akuntansi Menengah 2 dan Akuntansi Manajemen. Baik dari sisi akademik maupun non akademik berhasil mengisi warna-warni dalam masa perkuliahannya. Dari sisi non akademik dibuktikan dengan berbagai kegiatan organisasi kampus dengan bergabung Senat Mahasiswa Universitas sebagai Komisi Evaluasi Anggaran 2012/2013, Anggota Group of Leaders on Research on Society 4 ( GLORY 4), Anggota Student Get Students 2013/2014, dan aktif dalam berbagai kepanitiaan.

Skripsi yang berhasil diangkat oleh gadis kelahiran Semarang, 29 Maret 1993 dengan judul  “Perancangan Decision Support System: Analisis Rasio, Analisis Prospektif Laporan Keuangan dan Penilaian Ekuitas Berbasis Laba”. Hasil dari pembuatan perancangan program yang mampu menyajikan output informasi analisis laporan keuangan yakni analisis rasio keuangan, prospektif laporan keuangan, laporan penilaian ekuitas berbasis laba serta rekomendasi keputusan investasi. Program ini dapat digunakan pihak internal perusahaan untuk memperoleh tambahan informasi keuangan yang bermanfaat dalam membuat perencanaan bisnis dan dapat digunakan investor untuk mendapatkan informasi keuangan lebih detail serta rekomendasi keputusan investasi.

“ Pengalaman yang menarik ketika mengerjakan skripsi adalah pengalaman belajar merancang program. Pengalaman membuat skripsi, memberikan saya pengalaman untuk dapat belajar sistem dan akuntansi secara bersamaan ”, tutur gadis yang berhasil lulus dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) 3,86. Baginya, Universitas Katolik Soegijapranata merupakan rumah belajar yang nyaman bersama teman-teman mahasiswa yang unik, sesuai dengan salah satu slogan kampus ungu ini yakni ‘you are not unique if you are not UNIKA’. Hal ini dirasakan dengan pengalaman yang didapat selama perkuliahan yang mengajarkan untuk berorganisasi dan bersosialisasi, sehingga mendapatkan banyak teman dari berbagai jenis kalangan.

Putri pasangan dari Oei Tjiong Han dan Soe Bie Hiang yang kini telah bekerja di IPM Consultant menaruh harapan untuk kemajuan Unika dengan lebih mendukung kepada seluruh civitas akademika dalam berprestasi sehingga nama Unika semakin dikenal luas sebagai kampus yang berkualitas., lebih memperluas jaringan karir sehingga alumni Unika mampu mendapatkan pekerjaan yang membawanya pada kesuksesan, serta meningkatkan fasilitas kampus yang mendukung proses pembelajaran mahasiswa. (anggun)

 

Kategori: