Teknik Elektro Unika Gandeng BLKI dan PT Nasmoco Selenggarakan ROBO-VAGANZA 2015
Jumat, 17 April 2015 | 7:58 WIB

roboivaganza

Teknik Elektro unika Soegijapranata merupakan salah satu jurusan dari beberapa jurusan yang terdapat di Unika Soegijapranata. Sebagai progdi yang berada di kampus Bendan Dhuwur tersebut, beragam cara dilakukan utnuk mengenalkan Teknik elektro unika di masyarakat luas. Dengan menggandeng kerjasama dengan Balai Latihan Kerja Industri Provinsi Jateng dan PT Nasmoco, dilakukan kompetisi yang biasa disebut dengan ROBO-VAGANZA. Acara ini dilakukan pada hari Kamis, 16 April 2015.

Robo-vaganza adalah program yang dikembangkan oleh Fakultas Teknik dibawah program akademik Robotik – Mekatronik. Program ini dimaksudkan untuk ikut berperan aktif mengembangkan dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan ilmiah dan non ilmiah melalui unit kegiatan mahasiswa. Kegiatan ini dilakukan melalui serangkaian kegiatan mulai dari pelatihan robotika ke Sekolah menengah atas dan sekolah menengah kejuruan. Kemudian sebagai puncak dari acara dilakukan perlombaan robot line follower programmable. Untuk pendaftarannya sendiri dilakukan sedari tanggal 20 Februari 2015 hingga 14 April 2015.

Lomba diikuti oleh 40 peserta dari kalangan UMUM dan PELAJAR. Untuk kelas pelajar diikuti oleh siswa sekolah Dasar, Sekolah menengah pertama, Sekolah Menengah atas dan Sekolah menengah kejuruan. Sedangkan untuk kelas UMUM diikuti oleh segenap pecinta Robotika-Mekatronik.

Perlombaan yang memperebutkan hadiah berupa piala, sertifikat serta uang pembinaan Rp 1.000.000 untuk Kelas pelajar dan Rp 2.000.000 untuk kelas UMUM tersebut bertujuan untuk memfasilitasi para pecinta Robotik Mekatronik untuk memamerkan dan melombakan kebolehannya, memberikan kesempatan bagi para pecinta robotika untuk berpikir lebih kreatif untuk menghadapi dunia nyata dengan ilmu terapan disamping itu juga dilakukan Coaching Clinic tentang robot, hal ini dimaksudkan dapat menarik minat para pecinta robot tetapi belum mempunyai robot dan berminat untuk mencoba ikut lomba, dengan adanya kegiatan ini, maka semua dapat berperan aktif dalam lomba.

Perlombaan ROBOVAGANZA 2015 ini dijuarai oleh SMKN 3 Yogyakarta sekaligus mempertahankan title mereka sebagai Juara bertahan. Untuk SMKN 3 Yogyakarta sendiri, kemenangan ini sekaligus membuat mereka menjadi juara untuk ketiga kalinya secara berturut-turut mulai dari tahun 2013. (Boli)

Kategori: