Pernah Jadi Montir Mobil, Kini Lulus Terbaik di Ilmu Komputer
Senin, 20 April 2015 | 14:00 WIB

donny

Donny Budiyanto, wisudawan terbaik Teknik Informatika

Teka Teki Silang atau yang biasa dikenal dengan TTS merupakan salah satu permainan yang bagi sebagian orang dianggap menyenangkan tetapi bukan tidak mungkin jika permainan tersebut dapat dikatakan tidak menyenangkan karena kesulitan dalam mencari jawaban dari pertanyaan yang disediakan. Kuis TTS ini  dapat dijadikan sebagai bahan skripsi dengan menerapkan ilmu yang sudah dipelajari selama 4 tahun di bangku perkuliahan.

Donny Budiyanto sebagai salah satu Wisudawan terbaik Unika Soegijapranata merupakan mahasiswa yang menyusung tema skripsi dengan mengambil konsep dari TTS tersebut. Judul Skripsinya adalah PRODUCE CROSS WORD ANSWER USING GENETIC ALGORITHM. Pada skripsinya tersebut dijelaskan cara untuk membantu menyelesaikan TTS, dengan menampilkan kemungkinan jawaban TTS berdasarkan beberapa huruf yang telah ditemukan. Bentuk pengaplikasian dari skripsinya adalah semua kalangan yang sangat menyukai TTS ini.

“Dalam menyelesaikan skripsi banyak ditemui suka maupun duka. Untuk duka salah satunya adalah sulitnya menemukan waktu yang tepat untuk konsultasi ke dosen tentang skripsi karena terkadang dosen bad mood saat konsultasi skripsi, terkadang good mood saat konsultasi ke dosen kemudian untuk suka yaitu dapat menjalin persahabatan bukan hanya dengan  mahasiswa namun juga dengan dosen“ Lanjut pria kelahiran Rembang ini ketika ditanya mengenai suka dan dukanya ketika menyelesaikan skripsinya.

Selain menjalani masa perkuliahan di Unika Soegijapranata, Donny aktif juga di UKM. Salah satu UKM yang digelutinya adalah bridge. Selain aktif di UKM, pria yang lahir pada tanggal 1 Desember 1985 ini juga pernah menjabat sebagai anggota Senat fakultas selama 2 tahun, asisten dosen selama 3 tahun, tenaga kerja mahasiswa di WR3 selama 1 tahun. Selain di Fakultas, ia juga pernah pernah nyambi yaitu sebagai montir di rental mobil dan toko spare part mobil dan alat berat juga pernah membuka toko online.

Dalam wawancara dengan kronik pria yang hobi otak atik motor ini menuturkan bahwa untuk pendidikan di Unika Soegijapranata sudah bagus. Semuanya itu tergantung pada mahasiswanya bagaimana untuk mengembangkannya lagi. Kelebihannya yaitu para para staffnya lebih ramah dan bersahabat. Saran saya sih, Pertahankan yang telah dicapai dan tingkatkan materi kuliah sesuai kebutuhan di dunia kerja. (Boli).

 

Kategori: