Ketangguhan Dalam Keberanian
Rabu, 29 April 2015 | 13:36 WIB

Anggun si Petualang

Tuntutan dunia kerja saat ini, tidaklah mudah bagi seorang fresh graduate yang hanya bermodalkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tinggi namun tidak dapat berkomunikasi dan cepat beradaptasi dalam dunia kerja. Untuk itu, selama masa perkuliahan tidak hanya mengasah hardskill namun pengembangan softskill akan menjadi poin plus saat melamar pekerjaan yang diimpikan. Dalam realisasinya, bukan hal yang mudah dimana kuliah dan kegiatan organisasi harus berimbang. Anggun Dewi Santoso berhasil membuktikan kepada publik, bahwa kuliah dan organisasi mendapat porsi yang sama.

Gadis kelahiran Jakarta, 20 Agustus 1993 berhasil menyelesaikan gelar Sarjana Ekonomi selama 3 tahun lebih 5 bulan. Sungguh menjadi suatu kebanggaan, pihak kronik ( press campus) Unika berapresiasi besar kepada Anggun, selama kuliah yang selalu disibukkan dengan berbagai tugas, namun tugas liputan berita tak pernah satupun terbengkalai. Berawal dari hobi menulis, mulai Oktober 2011 hingga April 2015 saat ini, Anggun telah bergabung menjadi wartawan kronik (press campus) Unika, karyanya dalam tulisan-tulisan telah mewarnai majalah Kronik yang terbit rutin setiap Senin.

Banyak suka dan duka telah dilewatinya. “Sukanya, banyak seminar gratis hanya menunjukkan kartu ID pers, dapat ilmu baru, dapat teman baru yang bersedia menjadi narasumber, dukanya diminta liputan berita mendadak disela-sela perkuliahan, banyak di PHP narasumber untuk janjian wawancara, dan deadline artikel tiap minggunya. Semuanya butuh proses, ketika duka dihadapi dengan gembira maka semuanya akan menjadi suka ”, ungkap gadis penyuka warna orange.

Berbagai kegiatan kepanitiaan dan organisasi baik di tingkat fakultas maupun tingkat Universitas habis dirasakannya. Mulai dari tingkat fakultas menjadi Komisi Penelitian dan Pengembangan Senat Mahasiswa FEB, Pelatih Co-Trainer PTMB FEB, Unit Kegiatan Mahasiswa Fakultas (UKMF) Kelompok Studi Ekonomi Pasar Modal (KSEPM) dan Asisten Dosen, serta aktif dalam kepanitiaan kegiatan fakultas. Bergabung dalam organisasi tingkat Universitas, seperti Student Gets Students, Asisten Pendamping Lapangan KKU, Co-Trainer ATGW 2012 &2013, Group of Leaders on Research dan Society (GLORY) 4, aktif berbagai kepanitiaan universitas serta bergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Mahasiswa Pecinta Alam Wanacaraka.

Hobi Petualang

Sejak tahun 2011 awal masuk semester 1, Anggun mulai aktif dalam UKM Mapala Wanacaraka. Kesibukannya bertambah ketika dara berbintang Leo ini memiliki kecanduan untuk menikmati alam semesta. Hobi mendaki gunung tak cukup hanya 1-2 hari, sehingga Anggun harus pintar dalam manajemen waktu.

Menakjubkan !! jajaran gunung di Jawa Tengah berhasil dicapainya, bahkan cewek tangguh ini dapat menginjakkan kaki di Puncak tertinggi Jawa Tengah dan Pulau Jawa. Mendaki gunung tak sekedar kenikmatan alam semata, namun alam akan banyak mengajarkan kepada kita mulai dari kerjasama, menaklukkan ego pribadi, tangguh, orientasi target dan menghargai karya Sang Pecipta.

Alhasil, memiliki kesibukan organisasi, kecintaan pada hobi dan tuntutan kuliah dapat berjalan dengan seimbang. Pesan moral yang ingin dibagikannya, “ Sewaktu kuliah, jangan sekedar kuliah buat tugas pulang, cobalah bergabung dalam sebuah organisasi/ kepanitiaan karena pengalaman di dunia organisasi tidak akan pernah kita dapatkan dalam ruang kelas kuliah ”, tutur gadis yang sempat menjadi pembicara dalam seminar “Kuliah Cepat dan Skripsi Cepat”. Pembuktiannya kepada orang tua selain dapat menyelesaikan kuliah Strata 1 yang tergolong cepat, penghargaan sebagai “Mahasiswa Berprestasi“ program studi Akuntansi dapat membanggakan hati bagi kedua orangtuanya. Motivasi lain yang ingin dipecahkan bahwa omongan banyak orang anggota Mapala adalah Mahasiswa Paling Lama, namun hal ini tidak berlaku bagi dirinya. (*)

Kategori: