Fantastisnya ‘Funtastic English Competition’ Fakultas Bahasa dan Seni
Kamis, 9 April 2015 | 14:44 WIB

11082194_10152763741617513_3170659872662021830_oBanyak yang mungkin berpikir bahwa penguasaan skill yang terkait dengan bidang kerja sudah mencukupi untuk mengantar meraih kesuksesan karier. Sesungguhnya banyak ketrampilan lain yang meski tidak secara langsung berkaitan dengan keahlian, namun sangat menguntungkan dalam jangka panjang. Salah satunya adalah penguasaan bahasa asing, terutama bahasa yang sering digunakan secara global, yakni bahasa Inggris.

Bahasa merupakan salah satu kemampuan terpenting yang dimiliki manusia, karena merupakan alat untuk berkomunikasi, menyampaikan pendapat, juga perasaan. Karenanya, selain penguasaan bahasa ibu, kemampuan berbahasa asing membawa banyak keuntungan dalam karier.

Mencoba menanggapi hal itu, Fakultas Bahasa dan Seni menyelenggarakan acara berjudul Funtastic English Competition (FEC) 2015. “Acara ini terselenggara berkat kerjasama Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Unika Soegijapranata dengan Eduhouse Semarang,” terang Riyanti Eka Larasati, mahasiswi FBS sekaligus pegawai paruh waktu di Eduhouse.

“Acara kemarin berlangsung ramai dan meriah. Pesertanya mencapai sekitar 450 orang yang berasal dari sekitar Jawa Tengah dan DIY,” imbuh mahasiswi yang diwawancara via jejaring sosial ini.

Meriahnya acara tersebut tercipta karena pendukung acara yang berpartisipasi dalam bazar mencapai 30 sponsor. Selain itu, hadiah dan voucher yang bisa dibawa pulang peserta berjumlah 1000.

Setidaknya ada 8 jenis kompetisi yang bisa diikuti, yakni cabaret, show & tell, cosplay, funny story telling, english on paper, picture identification, blocbuster dan story telling.

Lucu dan Menggemaskan

FEC 1 Pemilihan judul acara ini rasanya memang tepat: lucu dan luar biasa. Fun dan Fantastic!  Selain jumlah lomba yang bisa dikatakan banyak, rentan usia peserta juga berpengaruh.

Misalnya saja pada kategori cosplay yang dibuka untuk kategori usia umum. Dari mulai anak-anak hingga remaja mengikuti acara ini. Ketika difoto di sebuah photobooth, anak-anak ini tampak lucu dan menggemaskan.

FEC yang digelar pada hari Minggu, 29 Maret 2015 yang lalu ini memang bukan pertama kalinya diselenggarakan. Setiap tahun Eduhouse menyelenggarakan perlombaan semacam ini.

“Harapannya, dengan mengadakan semacam ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, semakin meningkat,” tutur Riyanti.

“Selain itu, Fakultas Bahasa dan Seni Unika Soegijapranata juga semakin terpromosikan,” pungkasnya. (teo)

Kategori: ,