EFEKTIFKAH CAPOEIRA UNTUK BERTARUNG?
Rabu, 22 April 2015 | 9:10 WIB

unduhan

Tak sedikit yang mencibir apakah capoeira dapat dipakai buat membela diri saat terdesak? Sebagai capoeirista, pasti Anda akan mantap berkata iya. Tapi, orang yang belum tahu apa sebetulnya capoeira, mereka akan terus bertanya tanya dan berseru: “Capoeira hanya tarian!”

YA DAN TIDAK?

Ada pandangan berbeda tentang capoeira; permainan, dance, atau fight? Karena capoeira merupakan bentuk seni yang kompleks. Sangat situasional dalam hal ini. Bisa dibilang seni beladiri, dance, persahabatan, bermusik, dan lain sebagainya.

CAPOEIRA SEBAGAI BELADIRI

Olahraga ini punya aspek beladiri beserta aplikasinya. Ada pergerakan dan teknik yang jelas yang memungkinkan seorang pesertanya mampu mempraktikannya saat kondisi terjepit. Pola tendangan dan hindaran sangat ampuh untuk membela diri.

Capoeirista tidak menekan terlebih dahulu sebelum dirinya dimulai untuk melakukan perlawanan. Jika sudah dipancing dan berpotensi melukai, capoeirista menggunakan jenis tendangan bencao, compasso, quesada, pontape cruzado, chapa, dan lain lain. (nama tendangan di capoeira)

Meskipun tendangan capoeirista sangat cepat dan akurat, tidak direkomendasikan untuk memakainya di jalanan. Itu mengurangi esensi seni beladiri capoeira.

Letak kehebatan capoeira adalah kemampuan pelakunya untuk bergerak di seluruh posisi lowong. Seperti seorang petinju, capoeira ibarat gelombang yang menghempas karang. Ginga (kuda-kuda dalam capoeira) yang benar dibutuhkan dalam hal ini. Seorang capoeirista dituntut untuk melakukan gerakan unpredictable yang mengecoh lawan sehingga lawan mati tekniknya.

BAGAIMANA DENGAN GERAKAN AKROBATIKNYA?

Ketidakpercayaan para pecinta beladiri memang dari gerakan akrobatik capoeira. Apakah benar ia dibutuhkan jika ada musuh di hadapan kita. Menurut Redaksi, gerakan akrobatik hanya cocok ditampilkan sebagai pertunjukan seni. Tapi jika Anda pernah mempraktikannya saat nyawa Anda dipertaruhkan, tidak menjadi soal.

UNTUNGNYA BER-CAPOEIRA BAGI KESEHATAN

Ada beberapa kelebihan saat kita bercapoeira. Tiga uraian di bawah adalah versi awak redaksi Komunitas Capoeira. Jika Anda menemui manfaat spesifik tentang kesehatan, sila berbagi di kolom komentar.

  1. Cardio, Strenght, and Conditioning (Pembakaran Lemak, Kekuatan Otot, dan Pengondisian Tubuh)

Capoeira ialah komunikasi antar dua orang bahkan lebih. Setelah berbulan bulan berlatih capoeira, bisa Anda bandingkan kekuatan otot yang menjadi lebih kuat, bercahaya, dan padat. Jika Anda punya kesibukan lain~misal bekerja kantoran atau olahraga lain~stamina akan terjaga dan tidak gampang lelah. Paling utama, capoeira dapat melangsingkan tubuh.

  1. Membentuk Badan secara Efisien

Kebiasaan buruk seperti makan gorengan, pola asupan yang sembarangan, dan jarang olahraga, mengundang banyak penyakit. Berlatih capoeira akan melatih otot, ligamen, tendon, dan lain lain menjadi lebih kuat dan sehat. Pola pergerakan capoeira yang dinamis~atas bawah, lembut keras~menjadikan olahraga ini mampu membentuk badan dengan sangat efektif.

  1. Fun (Senang)

Kunci umur panjang di antaranya menganggap hidup menyenangkan. Capoeira mengajari Anda untuk terus berpikir positip, punya respek, saling berbagi, dan tertawa. Kombinasi gerak dan musik menjadikan capoeira sangat menyenangkan. Pulang rumah, Anda akan bahagia!

Bagaimana dengan Anda ? Tertarik ? Ingin membela diri ? atau ingin umur panjang ? Mumpung Anda masih muda… 

Ayo segera daftarkan diri Anda di UKM Capoeira Unika !

*kontributor:@Duniacapoeira (Boli).

Kategori: