Capai Kesuksesan dengan Target yang Jelas
Jumat, 17 April 2015 | 8:54 WIB
IMG_20150413_154003

Stefanus Reszky Wibawa, wisudawan terbaik Prodi Psikologi

Mulai kuliah pada bulan Agustus 2011, mahasiswa terbaik dari Fakultas Psikologi ini dinyatakan lulus sidang skripsi pada bulan November 2014. Laki-laki bernama lengkap Stefanus Reszky Wibawa ini kemudian bercerita,”Waktu itu sebenarnya banyak yang mengatakan lulus dalam 7 semester itu tidak mungkin. Bahkan seingat saya, wakil dekan 1 waktu itu pun mengatakan hal yang sama. Tapi saya melihat bahwa ada kemungkinan untuk itu.”

IMG_20150413_153958

Sejak saat itu, dia memasang target. Baginya, target merupakan sebuah kunci kesuksesan. Alumnus SMA Loyola Semarang ini percaya bahwa dengan memiliki target, seseorang tahu apa-apa saja yang akan dia perbuat dalam hidupnya,”Ibarat menuju ke suatu tempat, dengan memiliki target, hidup kita akan lebih terarah dan jelas.”

Targetnya untuk tidak menjadi mahasiswa yang biasa-biasa saja membuatnya mau berdinamika bersama mahasiswa-mahasiswa lain dalam Ormawa (organisasi mahasiswa) dan kepanitiaan. Bisa dikatakan, aktivitas-aktivitasnya inilah yang membuat ia dicalonkan oleh fakultas untuk maju dalam ajang SOTY (Student of The Year).

Cukup banyak aktivitas kemahasiswaan yang dia jalani. Anggota Senat mahasiswa Fakultas Psikologi ini kemudian menceritakan serunya menyiapkan sebuah acara,”Waktu itu saya menjadi ketua PTMB Fakultas Psikologi. Saya menawarkan sebuah konsep yang benar-benar baru. Banyak yang tidak setuju dan mendebat pendapat saya. Tapi dari situ saya belajar banyak hal, terutama soal bagaimana menjalin kerjasama.”

IMG_20150413_153946

Pengalaman ke Luar Negeri

Berkat aktivitas kemahasisswaannya, pemilik nama panggilan Oky ini juga pernah pergi ke luar negeri. Event pertama yang membawanya adalah LIMUN. Dalam acara yang diselenggarakan di London, Inggris, ini ia menjadi salah satu perwakilan Unika Soegijapranata. “Inti kegiatan dari LIMUN itu adalah simulasi sidang PBB. Jadi sebagai peserta, kami belajar bagaimana membuat kesepakatan dengan orang dari negara lain.”

Juara III SOTY ini juga pernah diterbangkan ke Filipina untuk mengikuti konferensi ASEACCU. “Kalau di ASEACCU, kami dimotivasi untuk menjadi seorang leader. Tapi bukan hanya leader biasa. Leader yang luar biasa itu adalah yang bisa berguna bagi orang lain, bukan hanya untuk dirinya sendiri saja.

Lulusan terbaik dengan IPK 3,90 yang sekarang sudah mulai menjalani perkuliahan di Magister Profesi Psikologi Unika Soegijapranata ini berpesan kepada adik kelasnya yang masih menjalani bulan-bulan pertama di Fakultas Psikologi,”Mulai saat ini, punyailah target. Bayangkan besok mau melakukan apa saja. Kemudian cocokkan kegiatan-kegiatan yang kamu pilih dengan cita-cita besarmu.”

Dan kepada kawan-kawan seperjuangannya yang masih harus bergulat dengan skripsi, ia berpesan,”Kapan skripsimu mau diselesaikan, buatlah rancangannya. Bab ini harus selesai kapan, bab itu harus selesai kapan, jadwalkan semuanya! Setelah itu, kerjakan apa yang sudah kamu targetkan!” (TeoDomina)

Kategori: ,