Stephani Inggrit Swastini Dewi: Penerjemah Manga, Mahasiswi Unika Soegijapranata
Jumat, 13 Maret 2015 | 13:52 WIB

TRJ110315 Hoby Berbuah Uang

 

Hobi Berbuah Uang

 

STEPHANI INGGRIT SWASTINI DEWI: PENERJEMAH MANGA, MAHASISWI UNIKA SOEGIJAPRANATA

Banyak orang yang mendambakan bekerja sesuai dengan hobinya agar bisa menikmati saat-saat bekerja. Stephani Inggrit menjadi salah satu yang beruntung.

Bahkan pemilik nama lengkap Stephani Inggrit Swastini Dewi itu sudah mendapatkannya sebelum ia menyelesaikan studinya, di Jurusan Sistem Informasi Unika Soegijapranata. Stefani adalah seorang penerjemah manga atau komik Jepang. Di sela-sela kesibukan kuliah, dia menerjemahkan berbagai komik yang menggunakan huruf kanji atau hiragana ke dalam bahasa Indonesia.

"Cuma freelance memang, tapi hasilnya lumayan buat tambahan," ujarnya saat ditemui Tribun Jateng di Kampus Unika, Selasa (10/3).

Yang membuat dia bisa menjalaninya dengan enjoy adalah karena membaca komik adalah aktivitas yang dia sukai sejak SMP. Apalagi menjadi penerjemah tidak mewajibkannya berada dalam lingkungan kantor karena dia bisa mengerjakannya di mana saja.

“Sekarang masih proses menerjemahkan komik Yu Gi Oh, masih banyak," paparnya, sambil menunjukkan tumpukan kertas tebal manga yang belum dijilid.

Meski menjadi penerjemah bahasa Jepang, ternyata tidak sekalipun Stephani mengenyam pelajaran bahasa Jepang semasa sekolah. "Aku dulu belajar malah lewat buku mama. Jadi dulu mama pernah les bahasa Jepang, bukunya masih terus aku baca-baca aja," jelas gadis yang selalu mengirimkan jurnal untuk kampus setiap semester itu.

Dengan belajar dan menambah jam menonton anime atau film kartun Jepang yang masih menggunakan bahasa aslinya, dia bisa menguasai bahasa Jepang dengan sangat lancar. "Sekarang pengen belajar bahasa Thailand dulu," ujar gadis yang Agustus nanti akan menjalani pertukaran pelajar ke Negeri Gajah Putih tersebut. (val)

Kategori:

One Response to “Stephani Inggrit Swastini Dewi: Penerjemah Manga, Mahasiswi Unika Soegijapranata”

  1. […] Stephani Inggrit, Penerjemah Manga Natashia Austin Wijaya, Kreatif Bikin Game […]