Sosialisasi Skripsi Anti-plagiasi
Senin, 23 Maret 2015 | 7:24 WIB

sosialisasi kripsi anti plagiasi

SEMARANG (KRjogja.com)– Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, menyelenggarakan sosialisasi penyusunan skripsi anti-plagiasi. Acara diisi tutorial mengenai teknis menghindari plagiasi dengan menggunakan software yang sudah disediakan Unika, juga tip dan trik menyelesaikan skripsi dengan cepat.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Perpustakaan Unika Soegijapranata Rikarda Ratih mengatakan, Unika sejak  2011 sudah menggunakan software anti-plagiasi dalam memeriksa skripsi program sarjana maupun thesis  program magister. Respon dari mahasiswa dan dosen sangat luar biasa ketika melihat alat bantu anti plagiarisme yang dapat mendeteksi plagiasi dengan akurat.

“Tugas pemeriksaan yang semula dilaksanakan UPT Perpustakaan selama hampir dua tahun, pada awal 2013 diganti dengan software anti-plagiasi yang dapat digunakan secara mandiri oleh mahasiswa. Dosen pembimbing hanya perlu mengakses melalui web browser  untuk melihat hasil pemeriksaan oleh software anti-plagiasi” ujar Rikarda Ratih.

Ketua Program Studi Akuntansi FEB Unika Vena Purnamasari MSi mengatakan sosialisasi  dibutuhkan agar mahasiswa mendapatkan informasi sejelas-jelasnya mengenai penggunaan software anti-plagiasi yang menjadi fasilitas universitas untuk mahasiswa penyusun skripsi. Dengan mengetahui penggunaan software tersebut, diharapkan skripsi yang dihasilkan semakin berkualitas dan memenuhi asas-asas penulisan ilmiah yang baik. Selain berkualitas, masa depan mahasiswa akan semakin terjamin karena terhindar dari klaim plagiasi setelah lulus nanti.

Terpisah, Wakil Rektor bidang Akademik Dr Ridwan Sanjaya menyatakan alat bantu anti-plagiasi dapat digunakan semua mahasiswa Unika Soegijapranata yang sedang menyusun tugas akhir beserta dosen pembimbingnya. Ketersediaan software anti plagiasi merupakan kepedulian universitas pada kualitas tugas akhir yang semakin baik.

“Tugas pengelolaan software anti-plagiasi yang diserahkan ke UPT Perpustakaan mempunyai makna bahwa perpustakaan saat ini telah berkembang lebih aktif. Bukan hanya menyediakan pustaka saja, tetapi juga memberikan masukan mengenai cara penulisan yang baik dalam penyusunan pustaka-pustaka yang digunakan” ujar Ridwan Sanjaya. (Sgi)

sumber : http://krjogja.com/read/253509/sosialisai-skripsi-anti-plagiasi.kr

Kategori: