SKRIPSI CEPAT SELESAI, SIAPA TAKUT ?
Jumat, 20 Maret 2015 | 8:58 WIB

Seminar Tips dan Trik Skripsi Cepat ini diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Katolik Soegijapranata dalam rangka menggalang dana untuk salah satu acara besarnya. Seminar ini menghadirkan pembicara Ibu Nunuk dari Program Studi Manajemen dan salah satu mahasiswa yang akan wisuda periode April 2015 ini yakni Anggun Dewi Santoso dari Program Studi Akuntansi .

Dalam materi yang disampaikan Bu Nunuk, beliau menyampaikan apapun alasan dalam mengerjakan skripsi entah itu sebagai syarat kelulusan, untuk mewujudkan idealisme ataupun mempersiapkan kerja, anggaplah bahwa skripsi = “tugas akhir” jadi segeralah selesaikan. Beliau juga menyarankan untuk persiapan awal sebelum resmi menjadi mahasiswa bimbingan, lakukanlah bimbingan informal dahulu, lakukanlah diskusi sebanyak-banyaknya dengan dosen. Selain hal tersebut, hal yang bisa dilakukan dalam persiapan awal adalah bacalah teori, carilah artikel yang terkait dengan rencana penelitian yang akan dilakukan, cari hasil proyek atau model penelitian sebelumnya.

Ketika rasa malas mengerjakan skripsi mulai muncul, perkuat alasan kenapa harus cepat lulus. Alasan yang paling kuat adalah orang tua dan kesempatan kerja. Bu Nunuk dalam seminar kali ini juga menyampaikan sebuah quote, “successful people aren’t gifted ; they just work hard then succeed on purpose. Success in depend on effort”.

Selanjutnya pembicara kedua yaitu Anggun Dewi Santoso yang biasa disapa Kak Anggun, dalam seminar ini beliau memberikan materi dengan menganggap Skripsi = SOBAT, S = Spirit, O = Orientation, B = Break, A = Action NOW !, T = Trust. Spirit adalah semangat dalam mengerjakan skripsi, ia juga menyampaikan agar jangan lupa selalu berdoa. Orientation adalah orientasi, beliau memberikan tips untuk menggugah kita agar lulus sesuai target dengan pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pada diri sendiri seperti, “Wisuda kapan? Lulus kapan? Selesai proposal kapan? Mulai ngerjain kapan?”. Jawab pertanyaan tersebut dalam diri masing-masing dan jadikan acuan untuk mengerjakan skripsi.

Break adalah istirahat, ada kalanya dalam proses pengerjaan skripsi merasa lelah dan jenuh, lakukanlah refreshing sepuas-puasnya sampai merasa pikiran segar dan jernih kembali. Lalu lakukan, Action NOW atau kerjakanlah skripsi sekarang, ketika pikiran telah jernih dan segar kembali, kerjakanlah skripsi dan selesaikan. Dalam proses pengerjaan skripsi kita juga butuh trust dalam diri kita, yakni percaya yang lebih dari percaya, yakinkan diri percayalah pada diri kita masing-masing bahwa kita mampu menyelesaikan skripsi kita. (MBR)

Kategori: , ,