PENDAFTARAN WISUDA MENGGUNAKAN SISTEM ONLINE
Senin, 2 Maret 2015 | 9:23 WIB

Tahun ini Unika Soegijapranata memulai hal baru, yakni dengan adanya pendaftaran wisuda secara sistem online. Pendaftaran Wisuda dengan menggunakan sistem online digunakan pertama kalinya untuk periode I bulan April 2015. Sistem online ini bertujuan untuk mengintegrasikan semua proses yang dilakukan secara manual dari mahasiswa, Program Studi, Perpustakaan, Bagian Administrasi dan Keuangan (BAK), sampai dengan Bagian Administrasi Akademik (BAA).

Calon wisudawan harus mempersiapkan softcopy PDF tugas akhir yang sudah disahkan oleh pihak-pihak terkait, untuk diunggah ke dalam sistem. Selain itu, semua buku sudah dikembalikan ke Perpustakaan dan administrasi akademik sudah beres. Sehingga semua bagian sudah dapat memeriksa ketika mahasiswa memutuskan untuk menekan tombol “Join Wisuda”.

Kita lihat bagaimana pendapat mahasiswa yang akan mendaftar wisuda periode ini dengan menggunakan sistem online?
(Ronna, Akuntansi 2011) Pendaftaran wisuda online ini akan lebih komplek daripada pendaftaran sistem manual, namun untuk mahasiswa akan lebih tenang di masa mendatang karena skripsi yang diberikan sudah harus bebas dari plagiasi.

(Ganang, Hukum 2011) Mungkin lebih baik dibandingkan menggunakan sistem online. Memang ribet di awal daripada ketika mendaftar secara manual, tetapi tugas akhir yang diunggah seringkali belum diperiksa oleh anti plagiasi sehingga ke depannya dapat menimbulkan masalah yang tidak diharapkan setelah wisuda. (pas)

Tatacara pendaftaran wisuda periode I bulan April 2015 dapat dilihat di http://akademik.unika.ac.id/blog/2015/02/pendaftaran-wisuda-online-periode-i-tahun-2015/

 

 

Kategori: