Mahasiswa MM FEB Siap Hadapi Semester Baru
Rabu, 11 Maret 2015 | 14:28 WIB

Sebagai perguruan tinggi swasta katolik, Universitas Katolik Soegijapranata diinspirasi dan dijiwai oleh cita-cita, nilai-nilai dan prinsip-prinsip yang termaktub dalam Konstitusi Apostolik Ex Corde Ecclesiae tentang universitas katolik. Dalam bagian pembukaan, konstitusi yang ditulis oleh Paus Yohanes Paulus II ini menyebutkan, "By vocation, the Universitas magistrorum et scholarium is dedicated to research, to teaching and to the education of students who freely associate with their teachers in a common love of knowledge".

Semangat ini berusaha diwujudkan dengan menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif dan bermakna agar mahasiswa dapat mencapai kesukacitaan dalam belajar atau yang di lingkungan Unika Soegijapranta sering dikenal dengan joy of learning.

Oleh Program Pascasarjana Manajemen, semangat tersebut diwujudkan dalam acara MM Gathering yang dilanjutkan dengan Open-mind Outbound. Acara pertama diadakan pada hari Jumat, 7 Maret 2015 dan outbound terselenggara pada hari berikutnya Sabtu, 8 Maret 2015.

"Peserta yang hadir berjumlah 58 mahasiswa, baik mahasiswa baru maupun mahasiswa yang baru mengambil tesis. Acara ini bertujuan agar mereka dapat mempersiapkan diri dalam semeseter baru ini," jelas Elizabeth Lucky, salah satu dosen Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (MM FEB)

Dalam acara ini mereka juga dikenalkan dan diingatkan kembali mengenai nilai yang dikembangkan di program ini. "Core values-nya adalah Being GREAT in Humanity. Kata GREAT diambil dari kata ‘memiliki wawasan Global’, ‘kreativitas’, ‘Intigritas etik, Humanitas. Hal ini dimasukkan dalam games outbound," imbuh Elizabeth Lucky yang diwawancari lewat surat elektronik.

Pada hari kedua, peserta mengikuti outbound yang dipandu oleh event organizer yang bernama "GROWTH Inspiration". EO yang salah satu personilnya merupakan alumnus MM FEB ini, memberikan 4 permainan. Permainan yang diberikan merupakan simulasi proses perkuliahaan di MM FEB.

Permainan pertama memberikan nilai pantang menyerah, sabar, dan tekun. Nilai-nilai tersebut harus dimiliki selama pengerjaan tesis yang prosesnya tidak pendek: dimulai dari membuat latar belakang masalah, judul, sampai dengan proses penulisan hasil dan kesimpulan. Bila nantinya saat ujian ada koreksi, bahkan ada yang dimulai lagi dari awal, peserta outbound diajak untuk tidak menyerah, tetap sabar dan tekun.

Games kedua, memberikan semangat agar yang ‘kuat’ memberikan kesempatan yang ‘lemah’ untuk mengetahui ide-ide baru apa yang perlu pelajari. Artinya setiap angkatan dapat memberikan semangatnya kepada teman seangkatannya agar juga dapat maju menyelesaikan tesisnya. Games ketiga, memberikan semangat untuk para fresh graduate yang langsung menuntut ilmu di S2 Manajemen. Mereka diajak  agar  dapat mencari peluang kerja yang jarang disentuh oleh para lulusan S2 Manajemen.

Dan pada games keempat, seluruh mahasiswa diajak untuk bersatu agar cita-cita untuk lulus dari MM FEB bukan hanya menjadi cita-cita perorangan, tapi menjadi cita-cita bersama. (teo)

Kategori: ,