Lima Mahasiswa Unika Ikuti ASEC ke-2 di Filipina
Senin, 2 Maret 2015 | 13:39 WIB

Universitas De La Salle Dasmarinas, Filipina

Terkait dengan ASEAN Community 2015, Unika Soegijapranata mengambil berbagai langkah untuk menciptakan berbagai peluang agar mahasiswa dapat lebih memahami kondisi dan permasalahan sesama negara di wilayah ASEAN. Salah satu kegiatan yang digagas adalah Asian Students Encounter Camp (ASEC) yang merupakan inisiatif bersama antara Unika Soegijapranata dengan dua universitas di Filipina, yaitu Miriam College dan De La Salle University (DLSUD) Dasmarinas.

Kerjasama ini telah membuahkan hasil. Pada tanggal 2-6 April 2013 yang lalu, 20 perwakilan mahasiswa dari ketiga universitas ditambah 1 mahasiswa dari Fu Jen Catholic University Taiwan, telah mengikuti acara 1st Asean Student Encounter Camp di Kota Semarang.

Tahun ini, acara tersebut diselenggarakan lagi. “Kali ini ASEC diselenggarakan di De La Salle University Dasmarinas Filipina. Unika Soegijapranata mengirimkan 5 mahasiswa,” tutur Kristina Yuliani, staff International Office.

Dua mahasiswa berasal dari Fakultas Arsitektur dan Desain (Yohanes Herry Setiawan dan Amelia Felda Antani) serta tiga yang lain berasal dari Fakultas Teknologi Pertanian (Yohanes Kristo Sugiarto Utomo, Agatha Putri Algustie, dan Ong Cindy Corazon Cahyono).

Kelima mahasiswa ini akan berada di Filipina dari tanggal 2 April hingga 6 April 2015. “Ada berbagai agenda yang dilakukan. Biasanya meliputi semacam seminari, exposure, diskusi, dan lain-lain,” jelas ‘penunggu’ kantor yang berlokasi di Gedung Mikael lantai 2 ini.

Karena menyadari bahwa mahasiswa adalah calon pemimpin di masa yang akan datang, acara ini bertujuan untuk menumbuhkan jiwa kepemimpinan peserta serta agar peserta terbiasa menjalin networking dengan mahasiswa dari negara lain. “Selain itu, forum ASEC ini diharapkan membuat mahasiswa punya sensitivitas terhadap isu dan tantangan global,” imbuh perempuan yang karib disapa Yuli ini. (teo)

 

Kategori: , ,