CCPA (the Certification Centre of Professional Accountant)
Jumat, 6 Maret 2015 | 16:01 WIB

Saat ini sedang dilakukan pembangunan CCPA di gedung Yustinus Unika Soegijapranata Semarang. CCPA (the Certification Centre of Professional Accountant) adalah lembaga sertifikasi untuk lulusan S1 Akuntansi, dan terbuka untuk umum baik lulusan Unika atau lulusan Universitas lain. Pendirian CCPA ini bertujuan untuk menyelengarakan sertifikasi lulusan S1 akuntansi yang dimana sekarang ini untuk terjun kedunia kerja menjadi nilai tambah tersendiri dengan adanya gelar keprofesian Akuntan. Selain itu dengan adanya CCPA di Unika membuat orang – oarng yang hendak mengambil gelar profesi Akuntan tidak perlu jauh – jauh ke Jakarta cukup ke Unika saja.

Pembangunannya sendiri masih belum sempurna secara keseluruhan, karena baru yang selesai adalah ruang lab komputer dan officer saja sedangkan untuk ruang perkuliahanya masih pada tahap perencanaan. Grand Opening untuk CCPA direncanakan pada tanggal 1 Mei 2015.

CCPA ini direncanakan akan memberikan beberapa gelar profesi Akuntan untuk lulusan S1 Akuntansi dan gelar – gelar tersebut sudah bekerjasama dengan lembaga yang mengeluarkan sertifikasi keprofesian Akuntan. Gelar tersebut terdiri dari Akuntan Publik (CPA) bekerjasama dengan IAPI (Institusi Akuntan Publik Indonesia), Akuntan Manajemen (CPMA) bekerjasama dengan IAMI (Institusi Akuntan Manajemen Indonesia), Profesi Penilaian / Appraisal (MAPPI Cert) dan pelatihan Software (SAP) bekerjasama dengan Edugate dan Monsoon Academy.

Dengan adanya CCPA di Unika akan menjadi nilai tambah sendiri untuk Fakultas FEB terutama Prodi Akuntasi dan Unika, dari segi Prodi Akuntasinya adalah sebagai salah satu lembaga yang menjadi daya tarik tersendiri ketika akan mempromosikan mengenai Program Studi Akuntansi Unika. Sedangkan nilai tambah untuk Unika adalah masyarakat luas akan lebih mengenai kampus Unika ungkap Freddy Koeswoyo SE, Msi CPA sekalu ketua P3A (Pusat Pengkajian dan Pengemabang Akuntasi). (Molly)

Kategori: ,