S2 Manajemen Bekali Mahasiswa Baru Lewat Matrikulasi
Kamis, 12 Maret 2015 | 9:50 WIB


Baru-baru ini, Program Studi Pascasarjana Magister Manajemen Unika Soegijapranata memberikan perkuliahan matrikulasi pada mahasiswa barunya. Program matrikulasi wajib diikuti oleh calon mahasiswa baru yang telah dinyatakan diterima sebagai mahasiswa Program Pascasarjana (S2) Manajemen Unika Soegijapranata secara reguler maupun program fast track / akselerasi. Melihat penerimaan seleksi calon mahasiswa yang diterima secara reguler merupakan mahasiswa multi entry yang telah menyelesaikan program S1-nya dari berbagai disiplin ilmu yang berbeda.

Dalam program matrikulasi ini, calon mahasiswa baru akan dibekali dengan lima mata kuliah dasar bidang ilmu manajemen seperti Manajemen Keuangan, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasi, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Strategik, dan satu mata kuliah alat yaitu Metodologi Penelitian untuk Bisnis dengan masing- masing bobot sks dalam program matrikulasi setara dengan 1 (satu) SKS. Perkuliahan matrikulasi dilaksanakan dengan waktu yang efektif selama dua bulan dan waktu pelaksanaannya bulan April-Mei dan Juni-Juli.

Hal yang menarik lainnya didalam kurikulum yang baru dengan adanya kerjasama yang telah dijalin Program studi pascasarjana manajemen dengan Assumption University di Thailand. Adanya pertukaran pelajar dibulan Januari nanti, mahasiswa diberi kesempatan selama satu semester untuk merasakan bangku perkuliahan layaknya kuliah dengan biaya dan beban sks seperti di Unika melalui kredit transfer yang telah diakui oleh kedua Universitas tersebut. Dalam memorandum of understandingnya (MOU), mahasiswa diberi kesempatan untuk melakukan penelitian tesis di Assumption University dan mendapat satu dosen pembimbing dari masing- masing Universitas dengan proses bimbingan dilakukan melalui email dan pertemuan tatap muka baik langsung maupun tidak langsung. Kesempatan lainnya, mahasiswa berhak memilih tempat untuk Sidang tesis dapat dilakukan di pihak Assumption University maupun di Unika Soegijapranata.

Program studi pascasarjana dengan moto Being GREA2AT in Humanity yang mempunyai care values bahwa program studi pascasarjana manajemen Unika Soegijapranata memiliki wawasan global (Global Vision), kreativitas (cREATivity), Integritas etik (Ehical Integrity), humanitas (humanity ), intelektual, profesional karya dan kristianitas. Selain itu, program pascasarjana yang akan mencetak lulusan Magister Manajemen (M.M) memiliki sesuatu hal yang berbeda guna mempersiapkan para lulusannya dalam menghadapi dunia kerja maupun dunia usaha. Dalam wawancara bersama team kronik, Dr. Wijanto Hadipuro, S.E, M.T selaku ketua program studi Pascasarjana (S2) Manajemen menyatakan kegiatan perkuliahan mahasiswa tak hanya mendapat ilmu berupa perkuliahan baik secara teori maupun praktik, namun adanya kegiatan untuk menumbuhkan dan meningkatkan softskill para lulusan nantinya. Kegiatan penunjang softskill dapat berupa seminar/ pelatihan, outbound dan live in akan secara rutin dilaksanakan pada saat break semester. (anggun)

 

Kategori: