Unika Soegijapranata Siap Buka Fakultas Kedokteran
Sabtu, 28 Februari 2015 | 9:01 WIB

RS Elisabeth Jadi Rumah Sakit Pendidikan Utama

PURWOKERTO – Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang siap membuka program studi dan fakultas kedokteran dan diupayakan tahun ini terwujud.

Hal itu terjadi setelah ada dukungan dan dicapai kesepakatan dengan pihak Rumah Sakit Elisabeth Semarang, sebagai rumah sakit pendidikan yang syarat utama berdirinya fakultas tersebut.

Kesiapan mendirikan fakultas kedelapan di kampus yang berdiri tanggal 5 Agustus 1982 ini terungkap dalam acara Refleksi Karya 2015, saat sesi kesimpuan dan perutusan, pada Kamis malam lalu di Ballroom Kamandaka Hotel Aston Imperium Purwokerto.

Acara puncak dari rangkaian kegiatan bertema ”Bekerja dengan Gembira di Unika”, dipandu langsung Rektor Prof Dr Ir Yohanes Budi Widianarko MSc dan Ketua Reksa Pastoral Unika Romo Yohanes Gunawan Pr. Kegiatan tersebut diikuti semua dosen dan tenaga kependidikan kampus tersebut.

Kampus Terpadu

Ketua Satgas Pembukaan Prodi Kedokteran Dr Marcela Elwina Simandjuntak dalam paparannya mengatakan, dipenuhi syarat rumah sakit pendidikan utama akan memudahkan untuk mengajukan izin ke Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi.

Selain sudah memiliki rumah sakit pendidikan utama, lanjut dia, syarat lain yang sudah terpenuhi adalah didukung tenaga pendidik minimal 26 dokter spesialis dari berbagai bidang. ”Dukungan dari kalangan dokter spesialis sudah siap dan cukup, bahkan mereka sejak lama terus mendorong kami (Unika) untuk mendirikan fakultas kedokteran sendiri,” katanya.

Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan ini menyampaikan, kesepakatan dengan pihak RS Elisabeth tercapai pada 7 Februari lalu dalam rapat antara Yayasan Sanjoyo, pimpinan kampus, Keuskupan Agung Semarang, dan Direksi RS Elisabeth. Rektor mengungkapkan, keinginan memiliki fakultas kedokteran tersebut muncul sejak 2000.

Spirit dan gagasannya terus menggelora sehingga pihak kampus merespon dengan membentuk satgas yang langsung dipimpin Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Pengembangan. Rektor juga memberi kabar gembira lain yakni pihak yayasan bakal membangun kampus terpadu sembilan lantai di Imam Bonjol. (G22-95)

sumber : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/unika-soegijapranata-siap-buka-fakultas-kedokteran/

 

Kategori: