Rika Saraswati PhD Baru
Selasa, 3 Februari 2015 | 8:32 WIB

Ibu Rika, begitu beliau sering disapa. Beliau adalah salah satu dosen Fakultas Hukum dan Komunikasi yang menambahkan gelar baru PhD di namanya. Ibu Rika Saraswati, SH. CN. M.Hum. PhD begitu nama lengkapnya sekarang, beliau melanjutkan studi S3-nya di Faculty of Law, University of Wollongong, Australia.

“Setiap student punya jalannya masing-masing dalam perjalanan belajarnya. Saya resmi masuk di University of Wollongong bulan Maret 2010 dengan beasiswa dari dikti. Perjuangan untuk mendapat gelar tersebut ya cukup berat, kunci yang terpenting adalah tekun, rajin, tingkat kesiapan diri kita harus benar-benar siap ketika telah memilih jalan yang akan kita tempuh.” Papar beliau ketika menceritakan pengalamannya menempuh studi S3 di University of Wollongong.

Tesis beliau mengangkat masalah Kekerasan Dalam Rumah Tangga atau KDRT, yang meneliti bagaimana para wanita mendapatkan akses keadilan di ruang publik seperti pengadilan, LSM, ataupun kantor polisi dan juga bagaimana mendapat akses keadilan di ruang privat yaitu keluarga.

Beliau mewawancarai 14 wanita Indonesia yang tinggal di Indonesia serta 4 wanita Indonesia yang tinggal di Australia. “Tanpa bantuan mereka dan kerelaan mereka berbagi cerita saya bukan apa-apa,” ujar beliau yang mengisyarakat penghargaan serta rasa terima kasih yang mendalam kepada 18 wanita tersebut (MBR).

Kategori: ,