PROSEDUR BARU PENGISIAN KRS ONLINE
Kamis, 5 Februari 2015 | 11:08 WIB

(3/2) Minggu ini merupakan pengisian KRS Online yang dilakukan oleh seluruh mahasiswa aktif Unika Soegijapranata yang akan mengambil matakuliah untuk semester genap 2014/2015. Tampak terlihat baru dari sistem dan prosedur pengisian. Tak hanya tampak background yang berbeda saat pengisian KRS. Prosedur baru dengan adanya pengisian kartu bimbingan yang akan dicek oleh masing- masing dosen wali pada saat terlaksananya perwalian. Melalui cara prosedur seperti ini menjadikan dosen wali memiliki peran besar dalam membimbing mahasiswa guna pengambilan mata kuliah baru selanjutnya. Tak hanya itu saja, ditambah dengan adanya persetujuan dari dosen wali setelah mahasiswa melakukan pengisian KRS Online, sehingga mahasiswa lebih siap untuk menjalani masa perkuliahan selanjutnya.

Lalu apa yang menurut mahasiswa masih kurang dalam sistem perbaikan KRS Online ini ?

“ Menurut saya, peran dosen wali sudah sangat bermanfaat bagi mahasiswa dengan adanya kolom ACC bahwa mata kuliah yang diambil mendapat persetujuan dari dosen wali, namun yang lebih diperbaiki dengan sistem pengisian, pada saat pengisian KRS sistem sering error terkadang ada matakuliah yang tidak bisa diambil/ diklik “ ( Anggi, FTP 2012 )

“ Untuk sistem yang baru dengan adanya prosedur perwalian terlebih dahulu, mengisi kartu bimbingan yang berisi nilai semester lalu, rencana matakuliah yang akan diambil sangat berfungsi bagi mahasiswa sehingga dosen wali juga dapat memberikan pengarahan mengenai gambaran mata kuliah yang telah direncanakan oleh mahasiswa untuk prosedur pengisian sangat ketat. Mahasiswa mempunyai kewajiban untuk mengikuti perwalian guna mendapat bimbingan dan arahan dari dosen wali masing- masing. Hal yang harus diperbaiki sistem kerja pada saat pengisian,karena di Fakultas Ekonomi dan Bisnis sendiri, pengisian KRS sempat terjadi pengulangan yang dikarenakan banyaknya matakuliah yang tidak dapat diambil” (Nia, FEB 2013)

“ Ya, lebih baik dari semester sebelumnya, peran dosen wali lebih berfungsi karena dosen wali mengetahui IPK mahasiswa, IP sebelumnya, dan matakuliah yang belum diambil oleh mahasiswa, selain itu perwalian dapat dianggap penting karena dosen wali memberikan saran untuk pengambilan matakuliah selanjutnya, dan matakuliah yang mungkin berat bisa dikombinasikan dengan matakuliah yang ringan agar beban perkuliahan semester selanjutnya tidak terasa sangat berat. Perbaikan sistem pengisian yang harus di ACC oleh dosen wali berfungsi untuk dosen wali mengetahui matakuliah yang diambil oleh mahasiswa walinya. Saran saya, untuk kedepannya bisa semakin lebih baik lagi mungkin lebih memberikan saran saat hari H pengisian, yaitu dengan menambah kuota internet tambahan di fakultas yang sedang mengisi KRS, melihat banyaknya jumlah mahasiswa yang ber KRS an dikampus sehingga Wifi akan berjalan lama saat pengisian, sehinga pengisian di fakultas lain untuk mendapatkan kecepatan internet yang lebih cepat dalam pengisian” (Andre, FAD 2013) (anggun)

 

 

Kategori: , ,