Kronik Hadir di TV
Rabu, 18 Februari 2015 | 9:40 WIB

Unika mempunyai media komunikasi internal yang dikenal dengan sebutan “KRONIK”. Pada awal kehadirannya, Kronik menyapa pembacanya melalui versi cetak saja sehingga Kronik pun dikenal sebagai Koran Unika.

Seiring berkembangnya zaman, muncul media baru sehingga pesan visual tidak lagi hadir sebagai media cetak saja tetapi juga hadir di media elektronik seperti film dan TV dan akhirnya di media interaktif seperti web di internet. Media-media baru tersebut tentunya membutuhkan desain yang berbeda dibanding dengan media cetak karena posisi media elektronik dan interaktif di masyarakat untuk waktu-waktu sekarang sedang “hot”.

Kronik menanggapi fenomena ini dengan membuat terobosan-terobosan. Versi cetak yang selama ini tersedia di ‘kotak Kronik’, mulai diintegrasikan dengan media sosial serta web resmi universitas, yakni unika.ac.id. Berita-berita dan info-info seputar Unika pun sebenarnya juga bisa diakses dengan mengklik news.unika.ac.id.

Sarana-sarana yang saat ini kita (Kronik) punya sebenarnya cukup membantu dalam menginformasikan apa-apa saja yang perlu dikomunikasikan kepada seluruh warga Unika. Tapi ternyata itu saja tidak cukup,”  tutur Henry Ernanto selaku web master dan moderator Kronik.

Ia pun mengimbuhkan,”Mumpung ada sarana baru, yakni TV di masing-masing gedung, sarana ini perlu dimanfaatkan dengan optimal. Salah satunya dengan pembuatan Kronik TV.”

Karyawan yang baru mulai menjabat sebagai web master per Februari 2015 ini juga mengatakan bahwa Kronik TV tidak akan diisi dengan berita-berita atau liputan-liputan oleh tim Kronik saja. “Kami mengharapkan kerjasama dari berbagai pihak. Misalkan mahasiswa ingin menampilkan karyanya melalui TV yang ada di gedung-gedung, bisa ditampilkan melalui kami,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Kronik TV berkantor di ruang Humas yang terletak di Gedung Mikael lantai 3. Maka bagi semua pihak yang ingin memanfaatkan fasilitas ini, dipersilakan datang langsung ke ruang Humas. (teo)

Kategori: