GERAKAN UNIKA SEHAT SETIAP JUMAT
Kamis, 5 Februari 2015 | 12:21 WIB

Setiap Jumat pagi, Sporthall Unika dipenuhi oleh segenap dosen dan karyawan Unika yang semarak bersama mengikuti senam. Senam yang dipandu oleh instruktur yang ahli dalam bidang kebugaran. Kegiatan ini ternyata telah terlaksana sejak bulan Desember 2014. Lalu siapa yang membuat kegiatan ini ? dan mengapa kegiatan senam rutin perlu dilakukan ? Team kronik berhasil mewawancarai wakil rektor II, Ibu Inneke Hantoro, S.TP, M.Sc sebagai pelopor ide dalam memunculkan kegiatan ini.
Hal apa yang melatar belakangi dari kegiatan senam bersama ?
“ Berawal dari banyaknya laporan dari poliklinik mengenai keluhan kesehatan yang dialami beberapa dosen dan karyawan, Selain itu, melihat pekerjaan dosen yang mengajar dan berdiri selama berjam- jam dan banyaknya karyawan yang bekerja dengan duduk lama sehingga terbesit ide untuk membuat kegiatan yang sejenak melepaskan dari segala kegiatan rutinitas”
Tujuan apa yang ingin dicapai dari kegiatan senam bersama ?
“ Simpel saja, hanya ingin agar dosen dan karyawan di Unika tetap sehat, ketika badan sehat maka secara tidak langsung akan mempengaruhi kinerja yang dilakukan, tak hanya itu peran kegiatan senam bersama dapat mempererat rasa kekeluargaan kita, walaupun hanya 45 menit tetapi kita bisa bertegur sapa dengan segenap rekan kerja kita. Gerakan- gerakan senam pun tidak berat dan bersifat fun, sehingga dapat juga digunakan sebagai sarana refreshing.”
Apakah kegiatan senam berhasil diikuti oleh segenap dosen dan karyawan di Unika ?
“ Kalau semua belum, hanya 25% dari dosen dan karyawan. Setiap minggunya hanya 75-100 orang yang mengikuti kegiatan senam. Harapan kedepannya, senam rutin ini dapat diikuti oleh seluruhnya meskipun kegiatan ini bukan menjadi kegiatan yang bersifat wajib. Mengingat pentingnya kesehatan yang perlu dijaga dengan melakukan olahraga.“
Bagaimana nantinya ketika mahasiswa juga ikut tertarik dalam kegiatan ini ?
“Fokus awal dari kegiatan ini memang diperuntukkan untuk dosen dan karyawan. Ketika mahasiswa join dengan kegiatan ini, mungkin belum untuk jangka waktu dekat ini. Hal dikarenakan mengingat terbatasnya tempat yang tersedia. Mungkin suatu saat akan ada event yang akan mempersatukan komunikasi dosen, karyawan, dan mahasiswa di Unika dengan kegiatan senam bersama, tetapi jika untuk kegiatan rutin mahasiswa dapat bergabung dengan UKM Olahraga yang ada dikampus.“ (anggun)

Kategori: