Mahasiswa GameTech Terbitkan Buku Mudah Membuat Game
Rabu, 18 Februari 2015 | 16:50 WIB

Setelah beberapa tahun ini program S-1 GameTech Unika Soegijapranata selalu meloloskan beberapa karya mahasiswanya ke International Conference dan karya Game di kompetisi pemrograman nasional, kini satu lagi karya mahasiswànya muncul sebagai karya yang dapat dibaca secara nasional.

Mudah Membuat Game dan Potensi Finansialnya dengan Unity 3D merupakan buku terbaru karya Andre Kurniawan , Baskara Arya dan Dr. Ridwan Sanjaya, SE, S.Kom, MS.IEC. Ketiganya berasal dari program S-1 Game Technology Unika Soegijapranata. Namun dua penulis pertama statusnya masih mahasiswa semester dua saat memulai penulisan buku.

Menurut Andre, kendala yang dihadapi antara lain, karena terbilang masih pemula dalam penulisan sehingga mereka harus tetap belajar menulis dengan penyampaian yang menarik. Selain itu, dikarenakan kesibukan-kesibukan pribadi sehingga jarang bertemu. Komunikasi lebih banyak melalui email, kecuali saat penyelesaian akhir yang harus bertemu secara intensif. Kendala yang lain, seringkali beberapa detail langkah teknis terlewatkan dibahas oleh mereka berdua karena ada anggapan kalau pembaca sudah paham.

“Kami bertiga saling membagi tugas saat proses penulisan buku ini. Baskara Arya fokus dalam mempelajari tips dan trik dalam software Unity, kemudian saya menulis sisi teknis yang dibuat oleh  Baskara Arya. Kemudian Pak Ridwan menjadi editor dan menambahkan detil-detil teknis yang terlewat dalam penulisan buku. Begitu seterusnya sampai akhirnya tercipta 6 (enam) bab dalam buku yang saat ini telah diterbitkan oleh PT. Elexmedia Komputindo,” ungkap Andre.

Harapan mereka, buku tersebut bisa menjadi sumber ilmu dan informasi bagi masyarakat terutama bagi yang masih awam dalam pembuatan game. Buku tersebut juga bisa menjadi pelengkap dalam workshop pembuatan game yang sering diselenggarakan oleh program studi. (MBR)

Kategori: