WhatsApp Resmi Hadir di PC
Rabu, 28 Januari 2015 | 8:32 WIB

WhatsApp merupakan salah satu layanan pesan instan yang sangat populer di berbagai negara, termasuk Indonesia. Selama ini, aplikasi itu hanya tersedia untuk platform Android, iOS, BlackBerry, dan Windows Phone. Setelah sukses mengisi platform-platform tersebut, pihak WhatsApp kini meluncurkan versi PC.

Seperti yang telah ramai dikabarkan sejak akhir 2014, WhatsApp versi PC akhirnya resmi dirilis. Pengumuman kehadiran versi terbaru tersebut disampaikan langsung oleh CEO WhatsApp, Jan Koum, melalui akun Facebook resminya, Rabu (21/1) pekan lalu.

“Hari ini, untuk kali pertama, Anda dan jutaan pengguna lain akan bisa menggunakan WhatsApp di peramban (web browser). Versi web hanyalah perpanjangan dari ponsel Anda. Artinya, semua pesan masih aktif pada ponsel Anda,” tulis Koum. Fitur bernama WhatsApp Web tersebut memungkinkan pengguna mengirim dan membaca pesan langsung dari peramban di PC desktop atau laptop.

Menurut laman Engadget, sejauh ini WhatsApp versi PC baru bisa digunakan melalui peramban Chrome. Untuk menggunakannya pengguna diharuskan mengakses situs resmi http://web.whatsapp. com dan melanjutkan proses dengan memindai QR Code yang tersedia di ponsel. Versi ini dapat diakses tanpa harus mengunduh dan menginstal file khusus di PC.

Seperti yang telah diungkapkan oleh Koum, pengguna WhatsApp bisa langsung mengakses layanan tersebut melalui peramban. Artinya, pengguna hanya perlu memiliki peramban di perangkat PC. Untuk masa awal peluncurannya, Koum meminta pengguna untuk menjalankan aplikasi tersebut melalui peramban milik Google, yakni Chrome.

Sementara ini, baru pengguna Android, Windows Phone, dan BlacBerry yang bisa menikmati WhatsApp versi baru tersebut. Pengguna Apple berbasis iOS masih harus sedikit bersabar. Menurut Koum, masih ada batasan dari platform Apple yang membuat fitur baru itu belum bisa berjalan. Perangkat berbasis iOS belum bisa melakukan pemindaian QR Code ke WhatsApp versi PC.

Perbarui Aplikasi

Untuk mengaktifkan fitur WhatsApp di PC, pengguna diminta mengunjungi laman https://web.whatsapp.com menggunakan peramban Chrome. Yang harus dilakukan sebelumnya adalah memperbarui aplikasi WhatsApp dari toko aplikasi platform masing-masing.

Dalam laman tersebut, pengguna akan diminat untuk login menggunakan QR Code yang ada melalui aplikasi Whats- App versi terbaru. Caranya, dari aplikasi masuk ke menu “WhatsApp Web” untuk memindai QR Code yang tampil di https://web.whatsapp.com. Pengguna dapat memilih menu yang ada di pojok kanan atas layar smartphone atau menyentuh tombol menu, pilih WhatsApp Web, dan lakukan pemindaian QR Code yang tampil di layar PC.

Setelah itu Anda langsung bisa menikmati aplikasi tersebut di PC. Pengguna memang tidak perlu melakukan pendaftaran baru untuk menggunakannya karena fitur web ini hanya merupakan perpanjangan dari ponsel. Artinya, semua pesan akan tetap aktif di ponsel. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk melakukan aktivitas chatting di PC.

Jika Anda tidak berhasil menemukan pilihan WhatsApp Web pada aplikasi di ponsel, artinya Anda harus memperbarui WhatsApp ke versi terbaru. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan ponsel untuk tetap dalam keadaan terhubung ke internet, baik menggunakan paket data maupun Wi-Fi. Pasalnya, WhatsApp Web tidak akan bisa terhubung bila koneksi internet terputus.

Itulah salah satu kekurangan dari WhatsApp di PC jika dibandingkan dengan aplikasi Line di PC. Meskipun harus mengunduh aplikasi khusus di PC, Line bisa mengsinkronisasi pesan apabila koneksi internet di smartphone dinonaktifkan. Versi terbaru ini tentunya akan semakin mendongkrak popularitas WhatsApp di segmen aplikasi pesan instan.

Jan Koum belum lama ini mengumumkan bahwa layanannya telah memiliki 700 juta pengguna aktif tiap bulannya. Pertumbuhan WhatsApp yang terjadi pada 2014 cukup mencengangkan. Pada Agustus 2014, WhatsApp disebutkan baru memiliki sekitar 600 juta pengguna bulanan. Artinya, bertambah 100 juta pengguna baru hanya dalam kurun waktu sekitar empat bulan. (38)

● Christine Ayu Wulandari, mahasiswa Sistem Informasi Unika Soegijapranata

sumber : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/whatsapp-resmi-hadir-di-pc/

Kategori: