Teknik Informatika Unika Peroleh Akreditasi B
Kamis, 8 Januari 2015 | 22:47 WIB

SEMARANG – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) memberikan akreditasi B kepada Program Studi Teknik Informatika Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang. Akreditasi itu dikeluarkan melalui Surat Keputusan 437/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2014.

Keputusan akreditasi itu berlaku sampai tahun 2019. ”Capaian akreditasi itu mencerminkan tingkat kepercayaan masyarakat dan pemerintah. Juga manajemen kelembagaan yang baik,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Unika Soegijapranata, Dr Ridwan Sanjaya.

Menurutnya, hal itu tak semata-mata dihasilkan dari proses penyelenggaraan pendidikan, tapi juga didukung karya yang dihasilkan dosen dan mahasiswa selama perkuliahan. Aktivitas kemahasiswaan dan fasilitas pendukung juga menyumbang tingkat penilaian akreditasi tersebut.

Standar

”Ini merupakan kabar baik awal tahun ini,” kata Ridwan. Pihaknya telah mempersiapkan dokumentasi kelembagaan selama lebih dari setahun sebelum pengajuan akreditasi. Bukan hal yang rumit bagi Unika dan fakultas-fakultas di dalamnya, karena universitas ini sudah memiliki standar ISO-9002.

Dengan standar itu artinya manajemen kelembagaan universitas sudah setara internasional. Standar yang sudah dipakai di tingkat universitas berimbas pada kelembagaan fakultas dan program studi. Ke depan Program Studi Teknik Informatika Unika akan meningkatkan kualitas pendidikan.

Salah satunya dengan mengedepankan integritas, kreativitas dosen, dan mahasiswa, serta dukungan fasilitas menjadi nilai lebih pada program studi Teknologi Informatika. Dengan meningkatnya kualitas penyelenggaraan pendidikan oleh program studi, Ridwan optimistis Unika akan semakin maju di bidang keilmuan.

Hal itu didukung dengan upaya mendorong bertambahnya aktivitas dosen serta mahasiswa program studi, terutama dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat. ”Harapannya, program studi Teknik Informatika akan terus menghasilkan lulusan yang baik, cakap dalam hal hardskill maupun softskill,” ujarnya. (H89-37)

 

Sumber: http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/teknik-informatika-unika-peroleh-akreditasi-b/

Kategori: