Mahasiswa Unika Soegijapranata Magang Riset Di Kampus Thailand
Senin, 26 Januari 2015 | 8:40 WIB

Mahasiswa Unika Soegijapranata Magang Riset Di Kampus Thailand

SEMARANG- Setelah mengirimkan 8 mahasiswa ke Taiwan pada 16 Januari lalu, Dekan Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Unika Soegijapranata Dr. Kristiana Ananingsih kembali memberangkatkan 10 mahasiswa untuk melakukan internship di 2 universitas terkemuka di Bangkok.

Seluruh mahasiswa tersebut akan mengerjakan penelitian selama 2 bulan sampai Maret 2015 di Assumption University (AU) dan Institute of Nutrition, Mahidol University (INMU) Bangkok. Kegiatan internship di AU telah dilakukan secara rutin tiap tahun sejak 2009.

Diawali tahun ini, internship juga dilakukan di INMU. Kegiatan internship di Bangkok ini ditujukan untuk memberikan paparan dan pengayaan pada mahasiswa mengenai teknologi modern tentang pangan dan gizi yang dikembangkan di kampus tujuan serta memberikan pengalaman kultural yang berbeda.

Mahasiswa FTP yang berjumlah 6 orang diterima dengan baik oleh Dekan Fakultas Bioteknologi AU Dr. Churdchai Cheowtirakul pada hari pertama kedatangan. Mereka akan melakukan penelitian dengan topik pengembangan produk dan bioteknologi.

Keenam mahasiswa tersebut adalah Laurentia Santoso, Rr. Panulu PM, Buddy Kristianto, William Wibowo, Maria Jessica dan Hana Melinda. Mereka dibimbing oleh tim dosen dari kampus tujuan yang ahli di bidang pengembangan produk yaitu Dr. Aussama Soontrunnarurungsri, Dr. Tatsawan Tipvarakarnkoon, Dr. Nootrudee Siriboon, dan tim dosen ahli bioteknologi yaitu Dr. Patchanee Yasurin dan Dr. Churdchai Cheowtirakul.

Kelompok mahasiswa FTP yang lain berjumlah 4 orang, yaitu Ivana Aprilia, Vina, Angela Irena, Naomi Chrisma telah diterima dengan baik oleh Dekan Institute of Nutrition, Mahidol University, Bangkok Prof. Dr. Visith Chavasit. Penelitian yang dilakukan adalah mengenai gizi dan kesehatan dengan bimbingan Prof. Dr. Visith Chavasit, Asst. Prof. Dr. Sitima Jittinandana, Dr. Nattapol Tangsuphoom, Dr. Warangkana Srichamnong.

Di hari pertama kedatangan, seluruh mahasiswa FTP melakukan orientasi kampus, diskusi langsung dengan dosen pembimbing, mengikuti seminar dan dilanjutkan dengan penelitian di laboratorium AU dan INMU yang dilengkapi dengan peralatan modern. Mereka juga didampingi oleh beberapa dosen pembimbing dari FTP Unika.

Setelah waktu internship berakhir, penelitian akan dilanjutkan sebagai tugas akhir skripsi di laboratorium FTP dengan dukungan peralatan yang modern. Publikasi hasil penelitian akan dilakukan bersama antara Unika, AU dan INMU. Selanjutnyg, pada bulan April sampai Juli mendatang, Dekan Assumption University juga akan mengirimkan 4 mahasiswanya untuk melakukan penelitian di Laboratorium FTP Unika dengan dibimbing dosen FTP yang ahli di bidangnya. (*) Laporan Tribun Jateng, Rival Almanaf

sumber : http://jateng.tribunnews.com/2015/01/23/mahasiswa-unika-soegijapranata-magang-riset-di-kampus-thailand

Kategori: