Mahasiswa FTP Unika Magang Penelitian ke Taiwan
Senin, 19 Januari 2015 | 10:00 WIB

SEMARANG – Sejak 2009, Fakultas Teknologi Pertanian rutin mengirimkan mahasiswa untuk magang penelitian bersama dosen universitas mitra di luar negeri. Tahun ini Program Studi Teknologi Pangan Unika Soegijapranata mengirim delapan mahasiswa semester VI untuk mengikuti pertukaran mahasiswa dalam rangka penelitian selama dua bulan di Fu Jen Catholic University (FJU), Taiwan.

Kegiatan ini merupakan realisasi MoU antara Unika Soegijapranata dengan FJU. Sebelumnya pada Agustus tahun lalu, sembilan mahasiswa FJU mengikuti International Service Learning di Getasan, Salatiga, bersama 10 mahasiswa Unika Soegijapranata selama dua minggu.

”Kegiatan yang dilaksanakan pada 12 Januari hingga 12 Maret 2015 ini dimaksudkan untuk memberikan paparan dan pengayaan kepada mahasiswa mengenai teknologi pangan dan bioteknologi di kampus tujuan, sekaligus wawasan dan pengalaman kultural yang berbeda,” kata Wakil Rektor Bidang Akademik Unika Soegijapranata Dr Ridwan Sanjaya dalam rilis kepada Suara Merdeka, kemarin.

Tiga mahasiswa yaitu Stella Giovanni, Theresia Sherly, dan Anastasia Lyra akan meneliti pangan fungsional, nanotechnology dan toksikologi pangan dengan bimbingan Prof Bin-Huei Chen. Sementara Lisa Widagdo yang dibimbing Dr Shaun Chen, akan meneliti pengemasan pangan.

Lukas Terry dan Fellycia didampingi Dr Tsung-Yu Tsai akan meneliti teknologi fermentasi. Dan, yang terakhir Raymundus Pito dan Matius Inda Satontos dibimbing Dr Jung-Feng Hsieh dan Dr Chun-Ping Lu akan meneliti food proteomics dan biocative peptida.

Penelitian dilakukan dengan dukungan fasilitas modern yang tersedia di FJU dengan tetap dibimbing dosen Prodi Teknologi Pangan di Unika Soegijapranata. Setelah itu penelitian akan dilanjutkan sebagai skripsi oleh mahasiswa menggunakan fasilitas modern di Laboratorium Teknologi Pangan.

Menurut Dekan Fakultas Teknologi Pertanian, Dr Kristiana Ananingsih, pada akhirnya diseminasi hasil penelitian akan dilakukan bersama antara Unika Soegijapranata dan FJU, baik dalam bentuk penulisan jurnal dan presentasi di forum ilmiah nasional maupun internasional. (D9-37)

Sumber : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/mahasiswa-ftp-unika-magang-penelitian-ke-taiwan/

 

———————————

 

Mhs TP magang penelitian ke taiwan SM170115

Kategori: