Tiga Mahasiswi Game Tech Presentasi ke Thailand
Minggu, 14 Desember 2014 | 2:27 WIB

Suara Merdeka (Edukasia), 12 Desember 2014

SM-12-12-2014 SEMARANG – Sebagai bagian dari penelitian Dikti yang dilakukan bersama dosen Unika Soegijapranata, tiga mahasiswi Program Studi Sistem Informasi & Game Technology berhasil meloloskan tiga karya ilmiah dalam Konferensi Internasional Ke-11 dalam Pembelajaran Elektronik untuk Masyarakat berbasis Pengetahuan.

Karya ilmiah ini akan dipresentasikan di Siam Technology College, Bangkok, Thailand, 12-13 Desember 2014. Acara yang rutin diadakan setiap tahun itu kali ini diikuti 18 negara.

Transformasi Ide

Tiga karya ilmiah yang dipresentasikan mahasiswa adalah ”Idea Development on Games of Education for School’s Entrepreneurship Sustainability (Pengembangan Ide Game Pendidikan untuk Keberlangsungan Kewirausahaan Sekolah)” yang ditulis Vania Wahyu, ”Teachers’ Interest in Entrepreneurship of Educational Game (Ketertarikan Guru pada Kewirausahaan Game Pendidikan)” ditulis Nathasia Austin, dan “Scientific Visualization through the Graphic Design (Visualisasi Ilmiah melalui Desain Grafis)” ditulis Okky Octavia.

Menurut Kaprodi Sistem Informasi & Game Technology Brenda Chandrawati MT dalam rilis kepada Suara Merdeka, kemarin, Vania dan Nathasia terlebih dahulu mengobservasi ketertarikan guru dalam pengembangan game edukasi di sekolah serta dampaknya pada pengembangan ide-ide untuk game edukasi di sekolah.

Sementara Okky akan membahas transformasi ide-ide ilmiah ke dalam bentuk desain grafis. Mahasiswi semester III itu memaparkan, sebuah ide harus dapat divisualkan dengan menggunakan dasar-dasar pemikiran yang ilmiah. (D9-37)

Sumber: Suara Merdeka Cetak

 

Tiga Mahasiswi GameTech Unika Loloskan Karya Ilmiah di Thailand

Suara Merdeka Online, 11 Desember 2014

Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com – Karya ilmiah tiga mahasiswi Program Studi Sistem Informasi dan Game Technology berhasil lolos dalam Konferensi Internasional ke-11 dalam Pembelajaran Elektronik untuk Masyarakat berbasis Pengetahuan di Thailand.

Ketiga karya ilmiah karya tiga mahasiswi tersebut akan dipresentasikan di Siam Technology College, Bangkok, Thailand pada 12-13 Desember 2014.

Menurut Kaprodi Sistem Informasi dan Game Technology Brenda Chandrawati MT, karya ilmiah tersebut sebagai bagian dari
penelitian Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) yang dilakukan bersama dengan dosen Unika Soegijapranata.

“Tiga karya ilmiah yang dipresentasikan masing-masing adalah Idea Development on Games of Education for School’s Entrepreneurship Sustainability oleh Vania Wahyu, Teachers’ Interest in Entrepreneurship of Educational Game yang ditulis oleh Nathasia Austin dan Scientific Visualization through the Graphic Design ditulis oleh Okky Octavia,” katanya.

Acara rutin tahunan tersebut kali ini diikuti oleh 18 negara antara lain akademisi serta peneliti dari Inggris, Kanada,  Jerman, India, dan Singapura.

Vania dan Nathasia sambung Brenda, sebelum menulis karya ilmiah telah terlebih dahulu melakukan observasi mengenai ketertarikan guru dalam pengembangan game edukasi di sekolahnya. Serta dampaknya pada pengembangan ide-ide untuk game edukasi di sekolah masing-masing.

“Pelatihan pembuatan game untuk guru yang telah dilakukan pada awal tahun 2014 menjadi awal observasi yang dilakukan oleh kedua mahasiswi semester lima ini,” tambah Brenda.

Kemampuan guru dalam mempelajari dan mengembangkan game edukasi masih kata dia, merupakan cikal bakal kewirausahaan berbasis teknologi di sekolah, sedangkan Okky akan membahas mengenai transformasi ide-ide ilmiah ke dalam bentuk desain grafis. (Puthut Ami Luhur/ CN26 / SM Network)

Sumber: Suara Merdeka Online

Kategori:

One Response to “Tiga Mahasiswi Game Tech Presentasi ke Thailand”

  1. […] ilmiahnya yang terkait dengan hasil observasi mengenai game pendidikan untuk kewirausahaan sekolah (lihat berita sebelumnya) sedangkan Okky Octavia mempresentasikan visualisasi ilmiah melalui desain grafis. Ketiganya […]