SUPAYA HIDUP LEBIH OPTIMAL
Rabu, 10 Desember 2014 | 11:00 WIB

EDISI WISUDAWAN TERBAIK PERIODE DESEMBER 2014

Wisudawan terbaik Program Studi Magister Profesi Psikolog (pascasarjana) ini bisa dibilang cukup unik. Tiga tahun lalu, tepatnya pada tahun 2011, namanya juga tercantum sebagai wisudawan terbaik untuk Program Studi Psikologi (strata 1).

Perempuan bertanggal lahir 15 April 1989 ini bernama lengkap Wuri Anjar Winanti. “Saya senang nyanyi dan jalan-jalan. Senang jalan-jalan itu karena bisa menambah banyak pengalaman,” tuturnya menjelaskan hobi yang ia miliki.

Judul thesis yang mengantarkan pemilik nama panggilan Wuri menjadi wisudawan terbaik adalah “Pengaruh ‘Suportive Expresive Group Therapy’ (SEGT) untuk Menurunkan Tingkat Depresi Pasca Stroke”.

Penelitian yang dilakukannya terinspirasi dari penelitian yang pernah dilakukan di luar negeri,”Di sana, penelitian serupa pernah dilakukan dengan subyek penderita kanker payudara. Hasilnya, tingkat depresi pasien menurun,” jelasnya.

Metode yang sama pun dicobakan pada penderita stroke yang tergabung dalam komunitas senam stroke yang setiap jam 8 pagi di Rumah Sakit dr. Karyadi. “Dalam terapi SEGT ini, peserta diajak men-sharing-kan pengalamannya sebagai penderita stroke. Sharing dipimpin oleh seorang psikolog,” imbuh perempuan yang lahir di Kota Semarang.

Fungsi sharing ini adalah membuat peserta memiliki ‘teman’. Dengan demikian, ia semakin percaya diri. ”Barangkali karena peserta merasa lebih beruntung, sebab dalam sharing muncul pula cerita yang mungkin lebih parah dari yang ia alami,” kata pemilik zodiak Aries ini.

Perlu diketahui, stroke memang salah satu penyakit yang hampir mustahil untuk disembuhkan. Masyarakat juga menganggap ujungnya adalah kematian. “Dengan depresi turun melalui terapi SEGT, pikiran-pikiran negatif semacam itu akan berubah. Harapannya lebih ditumbuhkan sehingga membantu dalam proses penyembuhan,” jelas peminat Psikologi Klinis Dewasa sekaligus Psikologi Industri dan Organisasi ini. (teo)

 

Kategori: