CTR Fakultas Psikologi Turun ke Jalan
Senin, 1 Desember 2014 | 17:38 WIB

SEMARANG – Bertepatan dengan peringatan hari AIDS, Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata bekerjasama dengan LSM Lentera Asa menggelar aksi bagi-bagi bunga di sekitar Tugu Muda Semarang. Kegiatan ini dimulai Senin (1/12) pagi dan diikuti lebih dari 150 personel dari beberapa kalangan masyarakat.

Fakultas Psikologi yang dimotori oleh kelompok CTR (Centre for Trauma Recovery), mengadakan aksi ini karena ingin mengajak mahasiswa peduli terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA).

“Kita yang belajar psikologi kan salah satunya nanti akan bersinggungan dengan hal-hal seperti ini (baca:HIV/AIDS). Kami ingin menumbuhkan rasa peduli terhadap ODHA sedari masih mahasiswa. Untuk itulah kami bekerjasama dengan LSM dan beberapa komunitas di Semarang mengadakan aksi ini,” tutur Kuriakhe Karismawan, dosen sekaligus pendamping CTR.

Sedangkan Ari Istiadi, direktur LSM Lentera Asa menjelaskan, seribu bunga yang dibagikan merupakan simbol seribu kasih yang diberikan kepada pengidap HIV/AIDS. Terlebih lagi, Semarang merupakan kota terbesar penyumbang angka pengidap HIV/AIDS se-Jawa Tengah

“Kami menyiapkan sekitar seribu bunga untuk dibagikan kepada pengguna jalan,” kata koordinator aksi sekaligus direktur LSM Lentera Asa, Ari Istiadi.

Lelaki gondrong yang karib disapa Ari juga menuturkan, “Kami menuntut negara melaksanakan komitmen dan mempertegas birokrasi dalam penanggulangan HIV-AIDS. Kedua negara membuat regulasi dan perlindungan hukum terhadap WPS (wanita pekerja sosial) dan Odha (orang dengan HIV-AIDS) tanpa diskriminasi sesuai dengan amanat dalam UUD 45 dan konvensi Cedaw.” (teo)

 

Kategori: ,