UNIKA Digadang Raih Akreditasi Institusi A
Rabu, 6 Agustus 2014 | 7:51 WIB

 

Bendan Dhuwur – kopertis6.or.id  – Pada saat belum ada kewajiban sebuah perguruan tinggi (PT) harus terakreditasi institusinya, Unika Soegijapranata Semarang sudah mencoba secara proaktif maju untuk diakreditasi dan berhasil meraih akreditasi B.

“Belum diwajibkan saja sudah terakreditasi B, setelah ada kewajiban nantinya harus dapat meraih akreditasi A. Harapan saya, nantinya Unika sebagai PTS yang pertama  di Jawa Tengah meraih akreditasi insititusi A. Untuk saat ini, dari 244 PTS di Jateng, baru ada 4 PTS yang meraih nilai akreditasi institusi B, salah satunya yakni Unika Soegijapranata.”

Pernyataan tersebut disampakan Koordinator Kopertis VI, Prof. DYP. Sugiharto pada acara peringatan Dies Natalis ke-32 Unika Soegijapranata, pagi tadi di kampus setempat (5/8).

“Mulai 10 Agustus 2014 nanti, lanjut Koordinator, semua institusi PT harus terakreditasi. Jika tidak terakreditasi, selain lulusannya tidak sah kondisi lembaganya juga tidak legal.

Prof. DYP pada kesempatan tersebut juga menyampaikan pesan dari Mendikbud, agar PT meningkatkan keramahan sosial dalam pengelolaannya.

Rektor Unika Soegijapranata, Prof.Dr.Y. Budi Widianarko menyampaikan ucapan terima kasih kepada Koordinator Kopertis VI yang telah ikut mendoakan dan memotivasi lembaga kami untuk meraih akreditasi institusi tertinggi.

“Sungguh saya tidak menduga jika Prof. DYP akan menyampaikan terkait dengan akreditasi insitusi dalam pidatonya. Ini merupakan doa sekaligus juga memotivasi kami untuk merealisasikan keinginan tersebut.” papar rektor

Prof. Budi menambahkan, akreditasi A mungkin baru bisa diraih dalam kurun waktu empat tahun ke depan, mengingat kami baru mengajukan akreditasi ulang dan kembali meraih akreditasi B. Untuk dapat meraih akreditasi A, saya akui cukup berat, utamannya terkait dengan publikasi internasional.

 

Kategori: