BEM FAKULTAS PSIKOLOGI DUKUNG “DRIVER CARE CAMPAIGN”
Rabu, 4 Juni 2014 | 21:17 WIB

eco-driving

Bekerja sama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata, tim Cakrawala Group mengadakan workshop mengenai Eco Driving. Workshop diadakan di Ruang Theatre Gedung Thomas Aquinas. Workshop ini sebenarnya merupakan salah satu rangkaian acara yang diselenggarakan untuk mengkampanyekan cara mengendarai yang ramah lingkungan. Penyelenggaranya adalah mahasiswa-mahasiswi Prodi Hubungan Masyarakat FISIP Universitas Diponegoro.

Tujuan diadakannya workshop ini adalah untuk memberikan informasi mengenai teknik perilaku berkendara yang efisien.

“Dengan mengendarai secara efisien, kita bisa menghemat bahan bakar. Selain itu, teknik ini juga mengurangi emisi gas rumah kaca yang menyebabkan pemanasan global,” tutur Chandra Sigit Bujana yang menjadi pembicara dalam workshop ini. Ia adalah service representative PT. Sun Motor Indosentra Trada.

Ia juga menjelaskan,”sebenarnya hal-hal kecil pada saat mengendarai mobil bisa memberikan efek yang cukup besar untuk penghematan bahan bakar. Siapa sangka dengan menekan gas secara perlahan saat pertama kali mobil akan berjalan bisa menghemat bahan bakar sebesar 11 %. Hmm, lumayan juga kan?”

Wujud Cinta Lingkungan

Project leader acara ini, Eggi Listy B, menjelaskan,” Kesadaran akan pentingnya berkendara yang baik memang harus segera ditingkatkan. Karena kebiasaan berkendara yang kurang baik ternyata dapat berdampak buruk terhadap lingkungan lho. Pemakaian AC yang terlalu dingin, penggunaan gas, dan rem mobil yang nggak tepat justru akan membuat konsumsi bahan bakar jadi boros. Nah, untuk meningkatkan kesadaran berkendara yang ramah lingkungan demi menjaga keselarasan antara manusia dengan alam ini, mahasiswa program studi Hubungan Masyarakat FISIP Universitas Diponegoro Semarang menggelar kampanye Eco Driving yang mengambil tema “Green Living Smart Driving”.

Kemudian untuk mempertajam kesadaran untuk mencintai lingkungan, panitia juga menghadirkan Hilo Green ambassador, Rizka Nizwatul Faizah, untuk menjelaskan mengenai perilaku hidup sehat apa saja yang bisa dilakukan sebagai wujud cinta lingkungan.

“Kesadaran untuk peduli lingkungan harus selalu digalakkan. Sebab, saat ini bumi sudah semakin rusak. Sebagai generasi muda, kita punya tanggung jawab untuk menjaga bumi kita agar anak cucu kita tetap punya tempat tinggal yang layak,” tutur ambassador cantik yang juga mahasiswa Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata ini. (teo)

Kategori: