Korea, Menjadi Kiblat Baru Mahasiswa Unika
Jumat, 21 Februari 2014 | 8:15 WIB

Oppa Gangnam Style..

Walaupun dentuman lagu ini sudah lama beredar dan diterima dengan antusias oleh kalangan muda di Indonesia, lagu ini kembali diperdengarkan sebagai salah satu lagu pembuka dalam Seminar bertajuk “All about korea”.

Seminar ini di mediatori oleh mahasiswa Global Friends (GF) Unika Soegijapranata yg diketuai Meilinda Florensiana. Dengan menghadirkan tiga pembicara yaitu Hyun Jong Jung, Jung Hee Kim, Yunanto Krisno Utomo, dan tak ketinggalan dihadirkan pula sebagai maskot mahasiswa Korea di Indonesia. Para pembicara dan beberapa rekan-rekan GF dalam seminar inik bercerita tentang korea dan suasana belajar di sana.

Dibuka dari materi tentang North & South Korea dan mencontohkan tentang hangeul word, jung Hee Kim menjelaskan dengan bahasa Indonesia yg terpatah-patah situasi dan kondisi Korea dalam kehidupan umum. Budaya, seni, tradisi dan kuliner di korea yg memiliki ciri tersendiri, diungkap oleh Yunatan Krisno Utomo, sambil dipamerkan dan diberikan icip-icip beberapa makanan ringan khas Korea kepada yang memenuhi ruang theater unika soegijapranata.

Trend yang berkembang saat ini tentang budaya korea yang menjadi menarik adalah karena perkuatan mental atas budaya dari sejak dari kecil, ungkap Yunatan kemudian saat diputarkan video tentang anak-anak korea yg sedang bermain musik.

Sesi Berikutnya Hyun Jong Jung yang saat ini menjalani misi sebagai misionaris membeberkan tentang interest place dan life style di korea. Tata krama menjadi perhatian khusus di korea, pembelajaran tentang perilaku sedari kecil terhadap budaya memberikan kekuatan pada masyarakat Korea menjadi terampil berbudaya dan mengembangkannya sejalan dengan perkembangan budaya dunia, ditampilkan juga foto-foto menarik tentang tempat istimewa di Korea dengan bahasa indonesia yang membuat hadirin tertawa karena sedikit kocak.

Kantor internasional (International Office) memberikan pengenalan pada mahasiswa unika tentang Negara tujuan program pertukaran pelajar, untuk membekali para mahasiswa tentang negara yang akan dituju. Kegiatan yang akan rutin dilaksanakan ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada para mahasiswa guna mempersiapkan diri menuju pasar bebas asia kedepan.

 

Kategori: ,