Korea Jadi Acuan Mahasiswa Unika
Senin, 24 Februari 2014 | 8:12 WIB

 

BENDAN DHUWUR —Korea Selatan merupakan negeri yang unik. Selain terkenal dengan musik dan budaya K-Pop-nya, ternyata negeri ini juga memiliki , hal lain yang menarik. Mulai dari seni, tradisi dan kuliner yang membentuk ciri tersendiri dari negeri gingseng tersebut.

Hal itu dikemukakan Yunatan Krino Utomo dalam seminar bertajuk All about Korea yang diselenggarakan di Gedung Thomas Aquinas Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang, Kamis (20/2).

Hadir juga dalam kesempatan tersebut dua pembicara lain yaitu Hyun Jong Jung dan Jung Hee Kim. Mereka semua berbicara tentang Korsel dan suasana belajar disana.

Yunatan menjelaskan, Budaya Korsel menjadi tren karena perkuatan mental atas budaya sejak dari kecil. Sebab, pembelajaran perilaku telah diberikan sejak dini kepada anak-anak di sana.

“Hal itulah yang kelak menjadikan mereka mempunyai kekuatan untuk terampil berbudaya dan mengemnbangkannya sejalan dengan perkembangan budaya dunia,” jelasnya.

Yunatan menambahkan, tata krama menjadi salah satu hal penting yang menjadi perhatian khusus di Korea. Oleh karena itu, negeri ini mampu menjadi kiblat untuk belajar bagi siswa dan juga mahasiswa Indonesia, “termasuk mahasiswa Unika” imbuhnya.

 

Kategori: